SISTEM MONITORING ALARM PERINGATAN BANJIR DAN FITUR MOTOR SERVO UNTUK BUKA TUTUP PINTU AIR MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKGROUND SUBTRACTION

Septa Najibul Wahid
Anggit Dwi Hartanto

Abstract


Bencana alam di Indonesia masih sangat di takut kan dan akhir akhir ini sering terjadi bencana yang sering terjadi yaitu bencana Banjir, Banjir masih menjadi ancaman bencana yang dampak nya sangat berbahaya di Indonesia, sering kali menelan banyak korban.  Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk membuat system monitoring alarm banjir dan motor servo untuk membuka dan menutup pintu air nya ke dataran yang lebih tinggi, sistem ini di hubungkan secara online sebagai informasi alarm terhadap terjadinya banjir. Untuk monitoringnya menggunakan  teknologi masakini yaitu Internet of  things (IoT) agar informasi level dapat dipantau secara real time. Dan untuk alatnya yaitu menggunakan Water level sensor digunakan sebagai pembaca data, buzzer untuk alarm nya jika status nya berada di tingkatan bahaya dan Node MCU ESP2866 sebagai pemroses dan mengirimkan data secara nirkabel ke smartphone android lewat aplikasi BLYNK, hasil penelitian ini adalah suatu system ini untuk mendeteksi ketinggian air nya dan memunculkan status nya yaitu status aman, status siaga, dan status bahaya dan jika ketinggian nya sudah mencapai status bahaya maka alarm di alat buzzer nya itu akan berbunyi dan secara otomatis pintu air di motor servo nya itu akan membuka/membuang air tersebut, serta di penelitian ini  menggunakan metode algoritma background subtraction yg berguna untuk memantau grafik obyek ketinggian air nya. Dengan demikian system ini akan bermanfaat untuk masyarakat dan terutama di daerah dataran rendah agar tidak terjadinya banjir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Diriyana et al., “Water Level Monitoring and Flood Early Warning Using Microcontroller With IoT Based Ultrasonic Sensor,” J. Tek. Inform. C.I.T, vol. 11, no. 1, pp. 22–28, 2019, [Online]. Available: www.medikom.iocspublisher.org/index.php/JTI.

A. Muzakky, A. Nurhadi, A. Nurdiansyah, and G. Wicaksana, “Perancangan Sistem Deteksi Banjir Berbasis IoT,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2018), no. September, pp. 660–667, 2018, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/viewFile/678/629.

Respatiningsih, I. A. Bangsa, and A. Stefanie, “Perancangan Sistem Monitoring Dan Pendeteksi Banjir Menggunakan Metode Background Subtraction Berbasis Internet Of Things ( IOT ),” SeminarFORTEI, pp. 97–100, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.5747

Article Metrics

Abstract views : 53| PDF views : 23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: