ARSITEKTUR WEB SERVICE DI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF DEMAK

Ahmad Jazuli
Anastasya Latubessy
Ratih Nindyasari

Abstract


Lembaga Pendidikan terus berinovasi dan beradaptasi ditengah Pandemi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Lembaga Pendidikan Ma’arif Demak membawahi MI, MTS, dan MA. Setiap MI, MTS, dan MA ini memiliki sistemnya sendiri dengan database masing-masing. Sementara, Lembaga Pendidikan Ma’arif Demak mengiginkan adanya sistem terintegasi yang dapat mengakses semua data MI, MTS, dan MA tersebut. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini merancang arsitektur web service yang sesuai dengan kebutuhan di Lembaga Pendidikan Ma’arif Demak. Arsitektur ini kemudian, diuji dengan melakukan simulasi menggunakan  model REST API.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Verborgh, R., Arndt, D., Van Hoecke, S., De Roo, J., Mels, G., Steiner, T., & Gabarro, J. (2017). The pragmatic proof: Hypermedia API composition and execution. Theory and Practice of Logic Programming, 17(1), 1-48.

Rahim, A., dan Mulyadi, 2019, Optimalisasi Proses Sinkronisasi Data Akademik dan Web Services PPDIKTI Menggunakan Fitur Queues Pada Framework Laravel, Jurnal Ilmiah Sistem Informsi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer, Vol.14 No.1. ISSN 1907-6738.

Sitorus,Z., dkk, 2018, Kebutuhan Web Service untuk Sinkronisasi Data Antar Sistem Informasi dalam Universitas, Junral Teknik dan Informatika, Vol 5 No.2. ISSN 2089-5490.

Perwira, R.I., dan Santosa, B., 2017, Implementasi Web Service pada Integrasi Data Akademik Dengan Replika Pangkalan Data DIKTI, Jurnal Telematika, Vol.14 No.1, ISSN 1829-667X.

Sutanta, E., dan Mustofa, K., 2012, Kebutuhan Web Services untuk Sinkronisasi Sistem Informasi dalam E-Gov di Pemkab Bantul Yogyakarta, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol.1 No.1.

Ahsin, M., Jazuli,A., dan Khotimah, T., 2015, Implementasi Rekam MediS pada Klinik Bersalin Fatma Medika Berbasis Web Service, SKRIPSI, Teknik Informatika UMK, https://eprints.umk.ac.id/4247/

Taib, H., Nurkamid, M., dan Latubessy, A., 2015, Implementasi Fungsi REST Pada Web Service Untuk Portal Berita Di Smk Islam Al Hikmah Mayong Jepara, SKRIPSI, Teknik Informatika UMK, https://eprints.umk.ac.id/4241/1/HALAMAN_JUDUL.pdf

Latubessy, A., dan Ashari, A., 2012, IMPLEMENTASI SISTEM INTERKONEKSI BASIS DATA TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN SOCKET API (Studi Kasus : Sistem KGB Dinas Infokom Provinsi Maluku). IJCCS, Vol 6, No 2: UGM. ISSN 1978-1520.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.5980

Article Metrics

Abstract views : 227| PDF views : 197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: