SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN JADWAL KERJA KARYAWAN DAN PENGGAJIAN PADA PT NUSANTARA TRANSINDO KUDUS BERBASIS WEBSITE DENGAN SMS GATEWAY

Lisa Rachmawati
Noor Latifah
Pratomo Setiaji

Abstract


PT Nusantara Transindo Kudus merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi darat yang menyediakan berbagai macam bus dan beralamat di Jl. Ronggolawe, Getas, Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343. Dalam pengelolaan data karyawan, data jadwal karyawan (driver), dan penggajian masih dikelola secara terpisah. Dimana data jadwal pemberangkatan sopir dicatat di papan tulis dan data karyawan serta penggajian dikelola pada Microsoft Excel, kekurangannya disaat bagian administrasi dan bagian penggajian melakukan pencarian data atau membuat laporan harus membuka dan memproses satu persatu data pada sheet yang terpisah-pisah, disisi lain data-data tersebut disimpan dalam bentuk arsip dan tidak tersimpan pada database, sehingga suatu saat data tersebut bisa hilang dan terhapus.Peneliti menganggap bahwa sistem pengelolaan data karyawan, jadwal karyawan, dan penggajian yang lama masih kurang efisien.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan merancang Sistem Informasi Pengelolaan Jadwal Kerja Karyawan dan Penggajian pada PT Nusantara Transindo Kudus Berbasis Website dengan SMS Gateway, alat bantu desain sistem yang digunakan dalam menganalisis sistem adalah flowchart, sedangkan alat bantu rancangan sistem baru menggunakan UML dan ERD. Sistem Informasi Pengelolaan Jadwal Kerja Karyawan diuji dan diimplementasikan pada Xampp server. Pembuatan Sistem ini diharapkan dapat membantu bagian administrasi dan penggajian dalam mengelola dan mencari data karyawan, jadwal karyawan, data penggajian dan data pesanan bus secara otomatis dalam satu halaman dan yang tersimpan pada database.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengelolaan, Jadwal, Website.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hikmah, A.B., Sumaryana, Y., Kusmira, M., Alawiyah, T., Apriyani, Y., (2019), “Implementasi Teknologi Cloud Computing Pada Sistem Transportasi Angkutan Umum Kota Tasikmalaya”, IJCIT, Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 4 (2) (2019) 142-146.

Hilman, H.M., (2017), “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Pelatihan pada PT. Tachi Trainindo Batam”, Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Sistem Informatika Dan Komputer (STMIK) Gici, Batam.

Kurniadi, N.T., & Sofyan, F., (2017), “Sistem Informasi Kepegawaian & Penjadwalan Pegawai”, Sigma, Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, Vol. 7 No. 1.

Putri, R.D.M., Arfriandi, A., & Sulastri, S., (2017), “Pembuatan Sistem Penjadwalan Karyawan Agrowisata Setya Aji Flower Farm Bandungan”. Jurnal Edu Elektrika, Vol. 7 No. 2.

Wignyowiyoto, I., Rofiah, S., (2017), “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Desktop”, BINA INSANI ICT JOURNAL, Vol. 4, No. 2, Desember, 179 - 188, ISSN: 2355-3421 (Print) ISSN: 2527-9777 (Online).

S. Riskiono and U. Reginal., (2018), “SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA TOUR DAN TRAVEL BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMART TOUR)”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 51-62

Soekamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i1.6556

Article Metrics

Abstract views : 338| PDF views : 246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: