RANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN POSYANDU BERBASIS WEB DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP (STUDI KASUS : POSYANDU DESA PIJI)

Eka Wakhyu Agustina
Diana Laily Fithri
Eko Darmanto

Abstract


Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu adalah bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM). Saat ini alur bisnis yang berlangsung masih bersifat manual ke buku pendataan peserta dan buku kesehatan ibu dan anak. Cara tersebut menimbulkan permasalahan seperti kesalahan petugas kader dalam pencatatan pendaftaran dan kesalahan pencatatan pelayanan peserta serta perekapan laporan yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan sulitnya pencarian data peserta dan riwayat pemeriksaan peserta yang sudah dilakukan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis akan mengembangkan Rancangan Sistem Informasi Manajemen Posyandu Desa Piji berbasis web untuk mempermudah pengelolaan manajemen posyandu oleh kader. Perancangan sistem yang dibuat menggunakan Flow of Document (FOD) dan UML. Sistem akan dilengkapi dengan grafik yang berfungsi untuk pengontrolan berat badan balita serta memiliki menu notifikasi whatsapp dimana fitur bisa berfungsi untuk mengingatkan jadwal pelayanan posyandu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, L., & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi (Syarifuddin (ed.)). KITA Publisher.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes RI.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i1.6583

Article Metrics

Abstract views : 525| PDF views : 453

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: