ANALISA USER ACCEPTANCE TESTING TERHADAP SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BEDAH RUMAH DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN JEPARA

Miftha Ainul Chamida
Arief Susanto
Anastasya Latubessy

Abstract


Abstrak

 Bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu program pemerintah untuk memperbaiki rumah penduduk yang kurang layak untuk dihuni. Pada pelaksanaannya, proses pendataan dan Penyeleksian rumah masyarakat yang berhak menerima bantuan ini sering kali membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga memerlukan waktu yang cukup lama agar bantuan menjadi tepat sasaran. Sistem informasi yang terintegrasi menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang dapat mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu Selain itu, sistem juga dapat melakukan pengelompokan dan penyeleksian terhadap keadaan rumah dari masyarakat miskin lalu dirangkingkan untuk prioritas dalam mendapatkan program bantuan bedah rumah. Penelitian ini menggunakan contract acceptance testing pada pengujian user acceptance dengan 2 jenis skala pembobotan dan 9 poin pertanyaan. Pengujian telah dilakukan dengan mengakumulasi persentase dari setiap pertanyaan dan menghasilkan 86,2% dengan kriteria sangat sesuai dan sangat mudah.

Kata kunci: Bedah rumah, Sistem Informasi, Metode Waterfall


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hikmawati, E. and Gutomo, T. (2016) ‘Bedah rumah sebagai bentuk pengentasan kemiskinan’, Jurnal PKS, 15(2), pp. 131–144.

Lecky-Thompson, G. W. (2009) Just Enough Web Programming with XHTML, PHP, and MySQL.

Sasmito, G. W. (2017) ‘Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal’, Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), pp. 6–12.

Sukamto, R. A. Shalahudin, M. (2016) ‘Rekayasa Perangkat Lunak’, Informatika Bandung.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F. and Rahmadi, H. (2015) ‘PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)’, I(3), pp. 31–36.

Pratala, C. T. et al. (2020) ‘Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path’, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), p. 111. doi: 10.32493/informatika.v5i2.4713.

Supriatna, R. (2018) ‘Implementasi Dan User Acceptnace Test ( UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning’, Journal of Chemical Information and Modeling,




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i1.7531

Article Metrics

Abstract views : 540| PDF views : 1896

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: