PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMAIN BOLA VOLI DI DIKLAT KUDUS U-14

Viana Meiristanti
Ratih Nindyasari
Tutik Khotimah

Abstract


Olahraga Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Dalam perkembangannya olahraga ini sangat mementingkan sebuah strategi dan komposisi pemain yang sesuai. Sehingga Pemilihan pemain merupakan salah satu hal yang penting dalam cabang olahraga ini. Selama ini proses pemilihan calon pemain masih dilakukan secara manual oleh pematih. Sehingga cara ini dianggap kurang efisien. Untuk itu dalam penelitian ini dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memberikan solusi yang digunakan untuk mengatasi persoalan pemilihan calon pemain bola voli. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) diterapkan pada SPK ini dan terbukti mampu menghasilkan keputusan layak atau tidak layak terhadap sepuluh data calon pemain bola voli. Sistem juga menampilkan peringkat calon pemain bola voli sesuai dengan nilai yang telah diproses dengan menggunakan metode AHP. SPK ini membandingkan sepuluh alternatif yaitu calon pemain voli, dimana setiap alternatif akan dinilai berdasarkan sepuluh kriteria. Berdasarkan sepuluh alternatif dan sepuluh kriteria ini menghasilkan sembilan alternatif layak dan satu alternatif tidak layak.

Keywords


Sistem Pengambilan Keputusan (SPK);Analytical Hierarchy Process (AHP);Pemain voli

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i1.7564

Article Metrics

Abstract views : 408| PDF views : 199

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: