ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSONALIA UNTUK PENGGAJIAN KARYAWAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MOBILE APPLICATION

Rendra Kharisma
Supriyono Supriyono
Arif Setiawan

Abstract


Dalam suatu perusahaan atau instansi, penggajian karyawan merupakan hal yang sangat penting, kegiatan penggajian biasanya dikelola oleh salah satu bagian dalam perusahaan, yaitu bagian personalia. Penggajian yang dilakukan pada umumnya, dilakukan dengan melakukaan perhitungan jumlah kehadiran serta lembur menggunakan sebuah buku atau catatan dalam bentuk kertas, yang kemudian akan dijadikan satu dan dijilid. Proses penggajian seperti itu memiliki banyak sekali kelemahan. Zaman serba teknologi saat ini terdapat teknologi yang sangat mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari, dan dari anak kecil sampai orang tua dapat menggunakan teknologi tersebut. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi mobile application, dengan teknologi ini maka proses pengelolaan ataupun manajemen yang semula dibuat dikertas dapat lebih mudah dengan menggunakan perangkat bergerak atau smartphone. Sistem informasi yang dirancang ini menggunakan android studio, database MySQL, dan UML. Sistem informasi ini dibangun untuk mengelola data karyawan, kehadiran dan lembur, serta data penggajian karyawan. Dalam pengembangannya, karena sistem informasi ini masih tersedia dalam bentuk android maka dapat dibuat dalam bentuk versi ios sehingga memperluas pengguna.


Keywords


Personalia, Mobile, Application, Penggajian

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v4i1.7622

Article Metrics

Abstract views : 154| PDF views : 115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: