PERANCANGAN MODEL IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DALAM SEBUAH SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Alif Catur Murti
Wiwit Agus Triyanto

Abstract


Dalam era digital sekarang ini, banyak sekali sistem dikembangkan semata-mata untuk mempermudah manusia dalam mengelola kebutuhan data dan informasi. Data dan informasi disimpan dalam sebuah database yang tersimpan dalam sebuah server local ataupun cloud server. Dalam prakteknya banyak sekali sistem dibangun dan dikembangkan dengan tampilan yang user friendly tetapi melupakan sisi keamanannya. Perlu adanya sebuah teknik pendekatan tambahan yang membuat informasi dan data kita menjadi lebih aman. Kriptografi merupakan teknik atau seni dalam penyandian pesan yang mampu membuat sebuah informasi menjadi ciphertext melalui proses enkripsi sehingga sudah ketika diakses oleh orang yang tidak berhak maka tidak akan memiliki arti. Ciphertext akan kembali menjadi sebuah data apabila telah dilakukan proses dekripsi. Proses enkripsi dan dekripsi memerlukan sebuah kunci sebagai sebuah parameter penentu.

Keywords


Kriptografi; Sistem Informasi; Enkripsi; Dekripsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bin Ladjamudin, A.-B. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Efendi, F., Dewanti, N,P., 2019, Implementasi Kriptografi dalam Sistem Keamanan Anjungan Tunai Mandiri, JURNAL INFORMATIKA UPGRIS Vol. 5, No. 1

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Informatika, Bandung

Pabokory, F,N., Astuti, I,F., Kridalaksana,A,H., 2015, Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard, Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 10 No. 1

Qurniawan, W.,Wintolo,H., Nugraheny, D., 2012. Penerapan Sistem Keamanan Dengan Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Dan Key Administrator Pada Sinkronisasi File. Teknik Informatika STTA Yogyakarta : Volume 1 Nomor 2.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Undang-undang Republik Indonesia nomor Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.8255

Article Metrics

Abstract views : 169| PDF views : 104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: