PEMODELAN SISTEM PENGELOLAAN RUMAH YATIM

Agustina Wahyu Rahma Putri
Ratih Nindyasari
Anastasya Latubessy

Abstract


Rumah yatim merupakan sebuah lembaga yang didirikan untuk membantu anak yatim dan anak yang tidak mampu dalam kehidupan serta pendidikannya. Namun dalam pengelolaan data pada rumah yatim saat ini masih banyak dilakukan secara manual dengan menuliskannya dibuku besar. Hal ini tentu sangat tidak efektif karena dapat mengakibatkan kerusakan serta kehilangan data yang tentunya akan semakin menyulitkan pengurus dalam pengelolaan data rumah yatim. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti bertujuan membuat sebuah pemodelan sistem pengelolaan data pada rumah yatim yang dapat membatu pengurus dalam mengelola data yang ada pada rumah yatim sehingga dapat meminimalisir adanya kerusakan serta kehilangan data. Pemodelan sistem yang peneliti buat pada penelitian kali ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Tahapan metode waterfall yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap analisi kebutuhan sistem serta tahap perancangan atau pemodelan sistem. Pada tahap perancangan sistem digunakan Data Flow Diagram dalam pemodelan alur datanya serta Entity Relationship Diagram untuk perancangan databasenya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa pemodelan sistem pengelolan rumah yatim yang dapat membantu pengurus dalam mengelola data yang ada pada rumah yatim sehingga dapat meminimalisir kehilangan serta kerusakan data.

Keywords


System Modeling;Management;Orphanage

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, A. C. (2019). Naskah publikasi sistem informasi administrasi kependudukan berbasis web. Jurnal Teknik Informatika, 3(2019), 11. Awalludin, D., Maulani, N., & Ramadhani, D. R. (2022). Pemodelan Sistem Informasi Pengelolaan Laundry , Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 17, 106–118. Rin, R., & Salim, M. (2020). Untuk Panti Asuhan. 22(2), 195–200. Sari, S. W., & Murtani, A. (2020). Strategi Rumah Yatim Dalam Meningkatkan Penghimpunan Zakat Infaq Sedekah Di Kota Medan (Studi Kasus Rumah Yatim Kota Medan). Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 266–276. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/763 Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12. Yunanto, A. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Panti Asuhan Al-Kahfi Surabaya. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3). https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2240 Zefriyenni, Z., & Santoso, B. (2015). Sistem informasi penjualan dan pengendalian persediaan barang menggunakan metode economic order quantity (eoq) menggunakan bahasa pemrograman java dan database mysql pada toko kansa elpiji. Jurnal Komtekinfo, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.8481

Article Metrics

Abstract views : 22| PDF views : 12

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: