Optimasi Pemasaran untuk Produk UMKM SARBUS Desa Sarangan Kanor Bojonegoro dengan metode Markov chain

Rizky Stighfarrinata - [ https://orcid.org/0000-0002-8661-8535 ]
Eko Wahyu Abryandoko

Abstract


Para pebisnis membutuhkan beragam cara di dunia saat ini karena persaingan di pasar Indonesia semakin ketat. Dengan meningkatnya persaingan antara pengusaha besar dan pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia, penjualan produk dari pelaku usaha kecil dan menengah di pedesaan mengalami penurunan yang signifikan. Akibatnya, usaha kecil dan menengah ingin meningkatkan penjualan mereka tetapi tidak tahu di mana harus mempromosikan atau memasarkannya agar efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan memodelkan masalah pemilihan media periklanan yang tepat selama 6 bulan ke depan dan memilih media periklanan yang tepat untuk mempromosikan produk UMKM Sarbus dari Desa Sarangan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro selama 6 tahun ke depan dengan menggunakan Markov Chain. Kesimpulan penelitian adalah pada bulan pertama, kedua, dan keenam, UKM SARBUS disarankan berjualan menggunakan media sosial WhatsApp, sedangkan pada bulan ketiga, bulan keempat, dan kelima, UKM SARBUS sebaiknya berjualan menggunakan YouTube.

Keywords


Manajemen;Markov chain;Probabilitas;Penelitian Operasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asadi, Amin, Sarah Nurre Pinkley, and Martijn Mes. 2022. “A Markov Decision Process Approach for Managing Medical Drone Deliveries.” Expert Systems with Applications 204(October 2021): 117490. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2022.117490.

Costa, Luísa Marote et al. 2023. “Using Markov Chains and Temporal Alignment to Identify Clinical Patterns in Dementia.” Journal of Biomedical Informatics 140(May 2022): 104328. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2023.104328.

Epstein, D., and D. Pérez-Troncoso. 2021. “PNS90 Estimation of Markov Chain Transition Probabilities and Rates for Use As Inputs to Multistate Models.” Value in Health 24(June): S189. https://doi.org/10.1016/j.jval.2021.04.944.

Kasus, Studi, Umkm Kuliner, Tanpa Restaura, and Devi Krisnawati. 2018. “PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM.” 6(1).

Lovas, Attila, and Miklós Rásonyi. 2021. “Markov Chains in Random Environment with Applications in Queuing Theory and Machine Learning.” Stochastic Processes and their Applications 137: 294–326. https://doi.org/10.1016/j.spa.2021.04.002.

Nazaruddin, Nazaruddin, and Sarbaini Sarbaini. 2022. “Evaluasi Perubahan Minat Pemilihan Mobil Dan Market Share Konsumen Di Showroom Pabrikan Honda.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan 1(2): 97–103.

Nurman, Try Azisah, Ilham Syata, and Cahaya Dewi Wulandari. 2021. “Prediksi Hasil Panen Kopi Di Sulawesi Menggunakan Analisis Rantai Markov.” Jurnal MSA ( Matematika dan Statistika serta Aplikasinya ) 9(2): 120–27.

Pramesti, Faras, Berto Mulia Wibawa, and Puti Sinansari. 2020. “Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial Pada Performa Pemasaran UKM: Kasus Di Kota Surabaya.” Jurnal Sains dan Seni ITS 9(1).

Qurniawati, Rina Sari. 2018. “Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial.” Among Makarti 11(1): 17–27.

Rodriguez-Morales, A.J. et al. 2018. “Markov Chain Analyses in the Study of Progression of Chikungunya: From Exposition to Fatal Outcomes.” International Journal of Infectious Diseases 73: 371. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijid.2018.04.4253.

Sri Endang Kornita. 2018. “STRATEGI BERTAHAN HIDUP (LIFE SURVIVAL STRATEGY) PENDUDUK MISKIN KELURAHAN BATU TERITIP KECAMATAN SUNGAI SEMBILAN.” journal of economics & business 11(1): 12.

Asadi, Amin, Sarah Nurre Pinkley, and Martijn Mes. 2022. “A Markov Decision Process Approach for Managing Medical Drone Deliveries.” Expert Systems with Applications 204(October 2021): 117490. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2022.117490.

Costa, Luísa Marote et al. 2023. “Using Markov Chains and Temporal Alignment to Identify Clinical Patterns in Dementia.” Journal of Biomedical Informatics 140(May 2022): 104328. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2023.104328.

Epstein, D., and D. Pérez-Troncoso. 2021. “PNS90 Estimation of Markov Chain Transition Probabilities and Rates for Use As Inputs to Multistate Models.” Value in Health 24(June): S189. https://doi.org/10.1016/j.jval.2021.04.944.

Kasus, Studi, Umkm Kuliner, Tanpa Restaura, and Devi Krisnawati. 2018. “PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM.” 6(1).

Lovas, Attila, and Miklós Rásonyi. 2021. “Markov Chains in Random Environment with Applications in Queuing Theory and Machine Learning.” Stochastic Processes and their Applications 137: 294–326. https://doi.org/10.1016/j.spa.2021.04.002.

Nazaruddin, Nazaruddin, and Sarbaini Sarbaini. 2022. “Evaluasi Perubahan Minat Pemilihan Mobil Dan Market Share Konsumen Di Showroom Pabrikan Honda.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan 1(2): 97–103.

Nurman, Try Azisah, Ilham Syata, and Cahaya Dewi Wulandari. 2021. “Prediksi Hasil Panen Kopi Di Sulawesi Menggunakan Analisis Rantai Markov.” Jurnal MSA ( Matematika dan Statistika serta Aplikasinya ) 9(2): 120–27.

Pramesti, Faras, Berto Mulia Wibawa, and Puti Sinansari. 2020. “Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial Pada Performa Pemasaran UKM: Kasus Di Kota Surabaya.” Jurnal Sains dan Seni ITS 9(1).

Qurniawati, Rina Sari. 2018. “Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial.” Among Makarti 11(1): 17–27.

Rodriguez-Morales, A.J. et al. 2018. “Markov Chain Analyses in the Study of Progression of Chikungunya: From Exposition to Fatal Outcomes.” International Journal of Infectious Diseases 73: 371. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijid.2018.04.4253.

Sri Endang Kornita. 2018. “STRATEGI BERTAHAN HIDUP (LIFE SURVIVAL STRATEGY) PENDUDUK MISKIN KELURAHAN BATU TERITIP KECAMATAN SUNGAI SEMBILAN.” journal of Economics & business 11(1): 12.

Vafadarnikjoo, Amin, Konstantinos Chalvatzis, Tiago Botelho, and David Bamford. 2023. “A Stratified Decision-Making Model for Long-Term Planning: Application in Flood Risk Management in Scotland.” Omega (United Kingdom) 116: 102803. https://doi.org/10.1016/j.omega.2022.102803.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v3i2.10141

Article Metrics

Abstract views : 136| PDF views : 87


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.