STRATEGI MARKETING MIX (4P) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN: STUDI KASUS INDUSTRI KONVEKSI

Agus Mulyadi - [ https://orcid.org/0000-0003-3053-6036 ]
Dedi Dermawan
Satriardi Satriardi
Zainul Ruhil

Abstract


CV. Baunk Sania Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konveksi untuk berbagai kebutuhan seragam seperti sekolah, kantor dan lainnya. Dalam menjalankan bisnisnya, usaha ini masih menghadapi tantangan dalam mencapai target penjualan. Target penjualan per bulan untuk CV. Baunk Sania Perkasa adalah Rp. 100.000.000. Namun, usaha ini hanya mampu mencapai target penjualan pada bulan Januari dan Juli di sepanjang tahun 2023. Penelitian bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada CV. Baunk Sania Perkasa. Salah satu strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk mencapai target penjualan yaitu dengan penerapan bauran pemasaran (marketing mix 4P) yang meliputi product, price, place dan promotion. Penelitian ini dimulai dengan menentukan variabel perilaku konsumen, kemudian dilanjutkan dengan penentuan strategi penjualan dengan bauran pemasaran, lalu menentukan bobot untuk setiap strategi penjualan. Dari hasil penelitian, beberapa faktor yang menyebabkan usaha belum mencapai targetnya yaitu kurangnya variasi produk, ketidakmampuan bersaing harga, ketidakteraturan jam buka toko, dan promosi yang kurang menarik. Rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut mencakup penambahan variasi produk dengan desain baru, penyesuaian harga, penentuan jam operasional toko, menjaga kebersihan, dan peningkatan promosi di media sosial seperti instagram, Facebook. WhatsApp, TikTok, Twitter dan Linkedln.

Keywords


Bauran Pemasaran; Pemasaran; Penjualan; Konveksi;Strategi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baso, O., & Sappaile, I. (2007). Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Likert Dengan Pendekatan Distribusi Z. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(064), 1–8.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (4th ed.). Badan Penerbut Universitas Diponegoro.

Maria, M., Halawa, D., Situmeang, R. R., Manalu, M. R., Ekonomi, F., & Prima, U. (2021). Pengaruh kualitas produk , promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Effect of product quality , promotion and service on customer satisfaction. Jurnal Manajemen, 13(3), 339–347.

MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Penalosa, K. (2019). Pengaruh Marketing Mi Terhadap Keputusan Pembelian Pada KL Express Cafe Tidar, Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Tantyoko. Adiwijaya. & Wisesty, U. N. (2019). Perbandingan Pembobotan Untuk Klasifikasi Topik Berita Menggunakan Decision Tree (Pp. 97–113).

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup. 3(2), 6.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v4i2.12419

Article Metrics

Abstract views : 3| PDF views : 3


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.