Penjadwalan Produksi Untuk Meminimumkan Nilai Makespan dengan Metode Algoritma Genetika dan Algoritma Tabu Search pada PT Karsa Wijaya Pratama

Velyda Noer Praniasty, Zeny Fatimah Hunusalela, Sahat Sinambela

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memilih penjadwalan produksi yang tepat guna meminimalisir keterlambatan produk sampai ke tangan konsumen pada PT Karsa Wijaya Pratama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Algoritma Genetika dan Algoritma Tabu Search. Tahap selanjutnya membandingkan hasil dari masing-masing metode dengan metode yg digunakan perusahaan saat ini serta melakukan tahap analisa dengan nilai Efficiency Index (EI) dan Relative Error (RE). Berdasarkan hasil dari pengolahan data diperoleh metode penjadwalan produksi yang terpilih adalah dengan menggunakan metode Algoritma Genetika dengan makespan sebesar 111,82 jam dengan urutan job J4-J2-J3-J1, nilai Efficiency Index (EI) 1,21 dan nilai Relative Error (RE) sebesar 21%. Sehingga diharapkan dapat penjadwalan produksi menjadi lebih efektif serta dapat mengurangi keterlambatan pengiriman produk ke konsumen.

Keywords


Penjadwalan Produksi; Algoritma Genetika Algoritma; Tabu Search; Makespan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansori, N. (2013). Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu

Baker, K. R., & Trietsch, D. (2018). Principles of Sequencing and Scheduling 2nd Edition. Hoboken USA: Wiley and Sons, Inc.

Efendi, S., Pratiknyo, D., & Sugiono, E. (2019). Manajemen Operasional. Jakarta: LPU-UNAS.

Erliana, C. I. (2015). Analisa dan Pengukuran Kerja. Aceh: Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.

Fadli, M. R., & Sulistiyowati, W. (2021). Optimalisasi Penjadwalan Produksi Pipa Di Line 18 dengan Metode First Come First Serve (FCFS), Earlier Due Date (EDD), Short Process Time (SPT). Prozima: Productivity, Optimation and Manufacturing System, Vol. 3(2), 44–54.

Falih, M. H. N. (2021). Implementasi Algoritma Tabu Search dalam Penjadwalan Produksi PT Arkha Jayanti Persada untuk Meminimasi Nilai Makespan. Scientifict Journal of Industrial Engineering, Vol. 2(2), 41–46.

Ginting, R. (2009). Penjadwalan Mesin. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.

Indiyanto, R. (2008). Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Surabaya: Penerbit Yayasan Humaniora.

Iskandar, D., Masruri, A. A., & Saputra, D. (2018). Analisis Penjadwalan Produksi Job Shop pada UKM di Bidang Konveksi dengan Menggunakan Algoritma Tabu Search (Studi Kasus di Panca Konveksi). Jurnal Ilmiah Teknik, Vol. 3(2), 21–27.

Kadim, A. (2017). Penerapan Manajemen Produksi dan Operasi Di Industri Manufaktur. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Marwan. (2017). Belajar Mudah MATLAB beserta Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Meila Sari, E., & Darmawan, M. M. (2020). Pengukuran Waktu Baku Dan Analisis Beban Kerja Pada Proses Filling Dan Packing Produk Lulur Mandi Di PT. Gloria Origita Cosmetics. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, Vol. 2(1), 51–61.

Muharni, Y., & Utami, D. A. (2019). Menggunakan Metode Nawaz Enscore Ham Dan Genetic Algorithm. Flywheel: Jurnal Teknik Mesin Untirta. Vol. 5(2), 29–39.

Putra, B. I., & Jakaria, R. B. (2020). Perancangan Sistem Kerja. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Rismawati, N., & Trisanto, D. (2020). Analisis Dan Implementasi Metode Earliest Due Date (EDD) Untuk Meminimalisir Keterlambatan Dalam Proses Penjadwalan Perbaikan Kendaraan. Faktor Exacta, Vol. 13(3), 168–175.

Rudyanto, A., & Arifin, M. (2010). Penerapan Metode Earliest Due Date Pada Penjadwalan Produksi Paving Pada Cv. Eko Joyo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 1907–5022.

Santosa, B. (2017). Pengantar Metaheuristik Implementasi dengan Matlab. Surabaya: ITS Tekno Sains.

Sofyan, D. K. (2013). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. H. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Penerbit ITB.

Suyanto. (2005). Buku Algoritma Genetika dalam Matlab. Yogyakarta: Andi.

Zadry et al. (2015). Analisis dan Perancangan Sistem Kerja. Padang: Andalas University Press




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v4i2.12496

Article Metrics

Abstract views : 29| PDF views : 10


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.