PEMODELAN DAN SIMULASI SISTEM ANTRIAN PELAYANAN SERVER TERHADAP PELANGGAN PERCETAKAN XYZ MENGGUNAKAN ARENA

Wahyu Bagas Laksana, Atik Febriani, Dina Rachmawaty

Abstract


Antrian merupakan suatu permasalahan yang terjadi ketika jumlah pelanggan lebih banyak dibanding dengan jumlah sumber daya yang ada pada pelayanan, sehingga menyebabkan pelanggan menunggu sebelum dilayani. Permasalahan yang terjadi di Percetakan XYZ yaitu antrian yang terjadi pada pelayanan di masing-masing server. Hal ini dikarenakan akibat jumlah sumber daya pelayanan yang tesedia tidak sebanding dengan jumlah pelanggan yang ada. Oleh karena itu diperlukan solusi perbaikan untuk meminimasi waktu antri dan memaksimalkan jumlah pelanggan yang dapat dilayani. Simulasi dilakukan menggunakan software Arena untuk menggambarkan kegiatan antrian dalam sistem pelayanan sesuai sistem yang ada. Hasil yang diperoleh untuk mengurangi waktu antri dan memaksimalkan pelayanan adalah dengan menambah satu loket di masing-masing server.

Keywords


Antrian, Pelanggan, Simulasi, Software Arena

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, S. P., & Bodroastuti, T. (2013). Penerapan Model Simulasi Antrian Multi Channel Single Phase Pada Antrian Di Apotek Purnama Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 1–16. http://www.jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/wmkeb/article/view/75

Camerling, B. J., & Manusiwa, J. P. (2017). Model Simulasi Untuk Menganalisis Kinerja Sistem Antrian Kapal Tanker Pada Dermaga Pt. Pertamina Tbbm Wayame Ambon. Arika, 11(1), 21–34. https://doi.org/10.30598/arika.2017.11.1.21

Mahessya, R. A., Mardianti, L., & Sovia, R. (2017). Pemodelan Dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Padang. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.33060/jik/2017/vol6.iss1.41

Mukhlizar, M. (2018). Simulasi Sistem Antrian pada SPBU 14.236.100 Menggunakan Promodel. Jurnal Optimalisasi, 2(3), 269–280. https://doi.org/10.35308/jopt.v2i3.213

Nur, M., & Qitri, F. F. (2016). Analisa Sistem Antrian Loket pada PT. Tiki Jalan Teuku Umar Pekanbaru dengan Menggunakan Software Arena. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 2(2), 212. https://doi.org/10.24014/jti.v2i2.5104

Nursanti, I., Lisa P, A., Qoyyimah, M., Claudia, C. C., & Hannas A, M. (2015). Analisis Perbaikan Sistem Antrian Pelanggan Skin Care Xyz Dengan Menggunakan Model Simulasi. Ienaco, Model Simulasi, 234–239.

Ratnasari, S., Rahadian, N., & Liquidannu, E. (2018). Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Konsumen Gerai MCD Solo Grand Mall dengan Arena. Prosiding Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 7–8.

Silaban, D. C., & Zulfin, M. (2014). Analisis Kinerja Sistem Antrian M/M/1. Singuda Ensikom, 7(3), 165–170.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v1i2.6493

Article Metrics

Abstract views : 3770| PDF views : 2128


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.