Analisis Postur Kerja Pelukis Masker Di UMKM Ar- Oemy Collection Dengan Metode REBA

Vikha Indira Asri, Akh Sokhibi, Mia Ajeng Alifiana

Abstract


Dimasa pandemi covid ini, demand produk masker sangat meningkat sebagai upaya pencegahan dengan penerapan protocol kesahatan. Hal ini juga berdampak bagi para UMKM pengrajin masker yang mengalami kenaikan permintaan produknya. Salah satu UMKM pengrajin masker yang mengalami peningkatan permintaan produk masker adalah Ar-Oermy collection Kudus. Proses pembuatan masker pada UMKM Ar-Oermy collection Kudus dilakukan dengan finishing melukis pada maskernya. Ditinjau dari aspek ergonomi, postur kerja pelukis pada UMKM tersebut sangat tidak ergonomis. Sehingga dapat mengakibatkan keluhan pada otot dan produktivitasnya, metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data ukuran postur kerja pelukis pada saat melakukan pekerjaannya melukis pada masker. Kemudian data tersebut dianalisa dengan REBA menggunakan software ergofellow untuk menentukan risiko postur kerjanya. Hasil dari penelitian ini didapat skor analisis REBA sebesar 11, yang mempunyai arti memiliki risiko tinggi, yaitu perlu tindakan peruabahan secepatnya pada postur kerjanya. Adapun potensi risiko kuantitatif pada postur kerja pelukis masker berapa pada level tinggi sekali.

Keywords


Ergonomi, Potensi Risiko, Reba

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. W. Andry Septianto, “Analisa Perbaikan Postur Kerja Pekerja Dalam Ilmu Ergonomi Menggunakan Metode Workplace Ergonomics Risk Assessment (WERA) dan Standard Nordic Questionnaire (SNQ),” Ergon. dan K3, vol. 6, no. 1, 2021.

Tawarka, “Ergonomi Industri. Surakarta: Harapan Press,” J. Unair, vol. 3, no. 2, 2010.

A. Ferusgel, A. Anjanny, and D. M. S. Siregar, “Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Pengguna Komputer Di badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara,” J. Kesehat. Glob., vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.33085/jkg.v2i1.4068.

R. O. Sari, “Hubungan Postur Kerja Dan Masa Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pembatik Giriloyo Di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.” http://eprints.uad.ac.id/14975/ (accessed May 20, 2021).

M. A. Alifiana, “ANALISIS POTENSI RISIKO POSTUR KERJA PEMBATIK PADA UMKM MURIA BATIK KUDUS,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 6, no. 2, 2021.

M. F. Yudiardi, “ASSESSMENT OF WORK POSTURE AND RISK OF MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) IN FLOATING CHART FISHERMEN USING REBA METHOD,” J. IPTEKS, vol. 8, no. 1, 2021.

R. H. Nasution, “EVALUASI POSTUR KERJA PADA UMKM SEPATU DENGAN METODE REPAID ENTIRE BODY ASSESMENT,” Simetris Rekayasa, vol. 2, no. 1, 2020.

P. D. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. 2016.

L. ignett, S., & McAtamney, Rapid entire body assessment (REBA). Applied Ergonomics. 2020.

L. and H. S. McAtamney, Rapid entire body assessment In Neville Stanton. et ai Handbook of human Faktors and ergonomis method. USA: CRC Press., 2005.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v1i2.6497

Article Metrics

Abstract views : 393| PDF views : 250


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.