ANALISIS POSTUR KERJA KARYAWAN PEMINDAHAN BEAM BENANG DENGAN METODE REBA PADA DIVISI PERSIAPAN PT SUKUNTEX

Fathan Ainun Najib, Akh. Sokhibi, Mia Ajeng Alifiana

Abstract


Postur kerja yang tidak tepat dapat mengakibatkan turun- nya performa kerja dan berpengaruh pada produktivitas kerja. perbaikan postur kerja dapat diupayakan dengan penerapan metode kerja yang ergonomi. PT Sukuntex merupakan perusahaan manufaktur yang mengolah benang menjadi kain (textile). Pengamatan di PT Sukuntex ditemukan aktivitas 2 karyawan melakukan pemindahan beam benang dari divisi persiapan ke divisi tenun dengan menggunakan alat bantu yang masih sederhana serta belum ergonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana postur kerja karyawan pemindahan beam benang PT Sukuntex serta untuk memberikan solusi dalam mengurangi resiko cidera karyawan. Analisis postur kerja dilakukan dengan membagikan Kuesioner Nordic Body Map (NBM) untuk mengetahui keluhan sakit pada tubuh karyawan saat bekerja dan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA) dengan software Ergofellow untuk mengidentifikasi resiko cidera serta tingkat tindakan yang perlu dilakukan. Berdasarkan hasil kuesioner NBM didapatkan hasil dengan presentase tertinggi 8% karyawan merasakan sakit pada lutut kanan. Hasil analisis REBA mendapatkan skor 8 untuk aktivitas karyawan 1 mengangkat beam. Skor 11 untuk aktivitas karyawan 2 mengangkat beam. Skor 10 untuk aktivitas karyawan 1 dan 2 saat mendorong dan menarik beam.

Keywords


Ergonomi, Kuesioner Nordic Body Maps, Postur Kerja, Rapid Entire Body Asssessment (REBA)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfons Willyam Sepang Tjakra, B. J., Ch Langi, J. E. and O Walangitan, D. R. (2013) ‘Manajemen Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens Fashion Manado’, Jurnal Sipil Statik, 1(4), pp. 282–288.

Djanegara**, M. N. dan M. S. (2008) ‘Produktivitas Kerja Karyawan Dan Implementasi K3 (Kesehatan Dan Keselamatan Kerja)’, Jurnal Ilmiah Ranggagading, Volume 8 N(October 2008), pp. 78–85.

Sari, D. D. (2018) ‘Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment ( Reba ) Pada Perkantoran Skk’, Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.

Sulaiman, F. and Sari, Y. P. (2018) ‘Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengeasahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode Reba’, Jurnal Optimalisasi, 1(1), pp. 16–25. doi: 10.35308/jopt.v1i1.167.

Tri, F. (2019) ‘Kajian Postur Tubuh Dan Keluhan Pekerja Dengan Nordic Body Map Di Cv. Batik Nadira’. Available at: http://repository.unugha.ac.id/534/.

Wijaya, K. (2019) ‘Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Pekerja Konveksi Sablon Baju’, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 1, pp. 1–9. Available at: https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/ID075.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v2i1.7434

Article Metrics

Abstract views : 312| PDF views : 256


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.