PENJADWALAN PRODUKSI BENANG RAYON PADA DIVISI PERSIAPAN PT. SUKUNTEX DENGAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS)

Nurul Janatim Majid Dina Tauhida

Abstract


PT. SUKUNTEX adalah perusahan yang bergerak di bidang manufaktur dengan memproduksi kain mori Rayon RBA, kain Greige Blacu ASA 74, Kain Kanjen, supply kain mori AY 94, supply kain Mori Memento AY 23. Pada PT SUKUNTEX terdapat 3 departemen, yaitu departemen spinning, departemen weaving yang terdiri dari divisi persiapan dan divisi pertenunan, dan departemen finishing. Pada divisi persiapan, tipe aliran proses persiapan benang adalah flow shop dengan 2 mesin dan tidak terdapat penjadwalan produksi/ job scheduling yang menyebabakan terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman ke proses berikutnya. penjadwalan produksi di PT. SUKUNTEX saat ini menggunakan metode FCFS, melalui perhitungan mendapatkan penjadwalan pada bulan Maret memiliki nilai makespan selama 1440 menit dengan urutan job 1- 2-3-4-5, sehingga sering mengalami keterlambatan. Maka dilakukan penjadwalan dengan metode CDS menggunakan software winQSB. Hasil yang didapatkan dari perhitungan metode CDS adalah nilai makespan 940 menit dengan urutan job 2-3-1-4-5. Selisih waktu antara metode CDS dan metode FCFS mencapai 500 menit. Sehingga metode CDS dapat meminimumkan makespan

Keywords


Penjadwalan Produksi, Keterlambatan, CDS, FCFS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baker, K.R. 1974. Introduction To Sequencing and Scheduling. New York: John Wiley and Sons.

Ervil Riko. Nurmayuni Dela. 2018. Penjadwalan Produksi Dengan Metode Campbell Dudek Smith (Cds) Untuk Meminimumkan Total Waktu Produksi (Makespan). Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang. Sumatra.

Isnaini Nurul H, Ansori M. 2020. Optimasi Penjadwalan Produksi Saos Dengan Metode Cds Di Pt Himalaya Mitra Sukses. Universitas Maarif Hasyim Latif. Sidoarjo

Nisa Masruroh. 2012. Analisis Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith, Palmer, Dan Dannenbring Di PT. Loka Refraktoris. Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’. Jawa Timur.

Nurainun Tengku, Oktriandi Wira. 2019. Usulan Penjadwalan Job Machine Seri Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith (CDS) Untuk Meminimasi Makespan di UD. Wira Vulkanisir. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v2i1.7437

Article Metrics

Abstract views : 303| PDF views : 455


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.