PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) STUDI KASUS PT.SANGO CERAMICS INDONESIA

Ahmad Rendy Angga Kusuma Wardana, Nuzulia Khoiriyah, Irwan Sukendar

Abstract


PT Sango Ceramics Indonesia bergerak dibidang industri keramik yang memproduksi berbagai macam barang pecah belah. Dari permasalahan yang di hadapi selama adanya pandemic covid-19 dua tahun terakhir PT Sango Ceramics Indonesia melakukan pengukuran kinerja hanya terfokus pada bagian produksinya. Kondisi pengukuran kinerja yang ada tersebut ternyata kurang optimal, karena nilai kinerja yang diukur hanya dari perpekstif output produksi , oleh karena itu perlu adanya pengukur kinerja Rantai Pasok PT Sango Ceramics Indonesia yang secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode Supply chain operational reference ( SCOR) Berdasarkan Pengukuran kinerja SCOR terdapat perhitungan POF, OCFT dan COGS. Dari hasil tersebut dapat digunakan untuk mengelola proses pengiriman hingga ke distributor atau konsumen. Rata-rata nilai POF diperoleh hasil sebesar 89,58% Kemudian rata-rata OCFT diperoleh hasil 65 hari artinya waktu yang dibutuhkan untuk response time permintaan hingga pengiriman selama 65 hari. Sedangkan rata-rata COGS diperoleh hasil 21,75% yang artinya keuntungan yang didapatkan PT Sango Ceramics adalah sebesar 21,75%. Dari hasil pengujian diatas menunjukkan bahwa proses pengiriman terbaik pada bulan Juni dan keuntungan terbesar pada bulan Mei.

Keywords


PT.Sango Ceramics Indonesia Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Supply Chain Operations Reference

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa. 2016. “Pengukuran Kinerja Rantai Pasok dengan Menggunakan Metode Supply Chain Operations Rerenrence ( Scor )” ekonomi dan pertanian agri Bisnis 520-532.

Gustina, Tiena, and Valianto Gonawan. 2018. “Perancangan Dan Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Produk Alat Kesehatan Dengan Supply Chain Operations Rerenrence ( Scor )” 8 (3): 188–200.

Nurus Shubuhi maulidiya, Nasir, and Rahmi Yuniarti. 2018. “Pengukuran Kinerja Supply Chain Berdasarkan Proses INTI Pada Supply Chain Operations Rerenrence ( Scor )” 160–167.

Pujianto, Totok, Universitas Padjadjaran, Irfan Ardiansah, and Universitas Padjadjaran. 2021. “Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Pada PT . Saudagar Buah Indonesia Dengan Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference ( SCOR ),” no. April. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.20.

Santoso, Sugeng, Alfi Nurzaki, Arga Santoso, Chano Benawan, and Didin Wahyudin. 2020 “KINERJA PT PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DENGAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE Dalam Jumlah Dan Mutu Yang Memadai Serta Memupuk Keuntungan Dan Melaksanakan Tenaga Listrik Yang Mencakup Pembangkitan Tenaga Listrik , Penyaluran Tenaga Listrik Pel” 8 (2): 255–66.

Scor, Reference, Produk Tekstil, and Sektor Industri. 2018. “Analisis Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference ( SCOR ) Di Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Sektor Industri Hilir ( Studi Kasus Pada Perusahaan Garmen PT Alas Indah Remaja Bogor ),” no. December 2015.

Sukendar, Irwan, Nurwidiana, and Diah Nurul Hidayati. 2018. “Implementation of Supply Chain Management in Supplier Performance Assessment Using Analytical Hierarchy Process (AHP) Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System.” MATEC Web of Conferences 154: 2017–19.

https://doi.org/10.1051/matecconf/201815401054.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v3i1.8655

Article Metrics

Abstract views : 313| PDF views : 197


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.