Penentuan Key Performance Indicator Dalam Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard dan Metode Analitycal Hierarchy Process

Putri Asia Ananda Noviani S, Nuzulia Khoiriyah, Novi Marlyana

Abstract


CV. Rajawali Perkasa Furniture merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi mebel, dengan bahan baku kayu yang berada di Jl. Raya Pati-Juwana, Area Sawah, Mintomulyo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Berdasarkan observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner. Diketahui bahwa sebagian karyawan yang belum taat pada peraturan atau belum disiplin, contohnya karyawan yang tidak hadir tepat waktu atau terlambat bahkan absen kerja. selain iyu, CV. Rajawali Perkasa Furniture diketahui belum pernah melakukan pengukuran kinerja karyawan, maka penelitian ini dilakukan untuk menentukan key performance indicator dalam mengukur kinerja karyawan. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode HRSC dan AHP. 4 indikator strategi yang paling dipropritaskan dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu perspektif Customer pada adanya kesetiaan untuk bekerja dalam waktu yang lebih lama dengan bobot 0,625632 usulan perbaikannya berupa membuat kontrak kerja antara karyawan dengan perusahaan, perspektif Learning and growth pada keahlian karyawan berdasarkan job discriptionnya dengan bobot 0,610403 usulan perbaikannya berupa mengadakan pelatihan sesuai dengan bidang yang dikuasai karyawan dan memberikan fasilitas yang cukup, perspektif financial pada adanya fasilitas karyawan berupa tunjangan kesehatan dengan bobot 0,545109 usulan perbaikan memberikan fasilitas yang cukup bagi karyawan dan jaminan kesejahteraan tenaga kerja berupa BPJS, dan perspektif internal bussines process pada ketepatan waktu kerja pada karyawan dengan bobot 0,422422 usulan perbaikannya dengan memberikan punishment yang seimbang.

Keywords


Pengukuran kinerja; Human Resources Scorecard; Analytical Hierarchy Process

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Villela, lucia maria aversa. (2013). Analisis Key Performance Indicator (Kpi) Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v3i1.8692

Article Metrics

Abstract views : 286| PDF views : 164


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.