ANALISA PENERAPAN 5R (RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) PADA PT. SARI WARNA ASLI KUDUS

Sri Amini
Akh Sokhibi
Mia Ajeng Alifiana
Delia Meldra

Abstract


Konsep 5R sendiri banyak diterapkan dan telah terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui adanya penerapan 5R serta usulan perbaikkan bagi karyawan perusahaan. Permasalahan yang terdapat pada PT. Sari Warna Asli V Kudus adalah penataan barang belum rapi, ditemukan pemborosan waktu kerja yang diakibatkan kondisi ruangan tempat kerja berantakan dan aktivitas yang memakan waktu serta tenaga kerja karyawan, sehingga menyebabkan terjadinya kurangnya kepedulian karyawan terhadap kerapihan lingkungan area perusahaan. Metode yang digunakan pada laporan ini menggunakan metode 5R yang merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kondisi tempat kerja agar dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas tempat kerja. Hasil dari laporan ini adalah pada bagian Bengkel Mekanik Teknik dan Listrik, Gudang Bahan Baku & Gudang Barang Jadi, Produksi Spinning 1 dan 2 belum sepenuhnya dijalankan dengan optimal dikarenakan banyak barang yang masih berserakan, penataan masih belum rapi, area kerja masih kotor, kurang pelaksanaan standarisasi perawatan dan kerajinan karyawan. Adapun usulan perbaikkannya antara lain melakukkan sosialisasi penerapan budaya 5R, menerapkan kebijakan bersih-bersih setiap hari, pemilahan barang yang sudah tidak diperlukan serta penataan denga pemberian label pada masing-masing rak penyimpanan

Keywords


5R;Penerapan Budaya;Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Candrianto, C., & Ningsih, R. (2021). ANALISIS LINGKUNGAN KERJA MENGGUNAKAN METODE 5S PADA GUDANG JASA LOGISTIK (STUDI KASUS PT. DLI INDONESIA). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri Dan Rantai Pasok, 2(1), 21–36.

Christian, R. S. (2018). Penerapan Evaluasi Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin PT. INKA (PERSERO) Madiun. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(1), 11–19.

Latief, M. J., & Liliana, C. (2019). ANALISIS PENERAPAN BUDAYA 5R (RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) KPPN JAKARTA 1 DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 720–737.

Parmasari, D. H., & Nugroho, B. S. (2020). Analisis Penerapan Prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di Bengkel X, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(01).

Sandika, O. D. (2014). Implementasi Budaya 5r (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) Di Unit Machinery And Tool (Umt) Pt. Mega Andalan Kalasan. Jurnal Nosel, 2(3).

Septiani, R., & Pratiwi, M. (2020). Penerapan Metode 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan Identifikasi Potensi Bahaya di Gudang Bahan Kimia Laboratorium MIPA. Industrika: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(1), 23–40.

Sugiarti, R., & Aliyah, I. (2015). Budaya Pengelolaan Sampah berbasis masyarakat melalui metode 5R untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Kabupaten Sukoharjo. Cakra Wisata, 16(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v3i2.9570

Article Metrics

Abstract views : 708| PDF views : 255


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.