Analisis Paparan Panas Terhadap Beban Mental Pekerja Bagian Produksi Dengan Metode National Aeronatics And Space Administration Task Load Index (NASA TLX)

Vikha Indira Asri
Mahabib Miftahul Huda
Akh. Sokhibi

Abstract


Lingkungan kerja yang baik dapat mempengaruhi kinerja pekerja. Salah satu yang mempengaruhi kinerja adalah suhu ruangan yang harus sesuai dengan Nialai Ambang Batas (NAB) sebesar 18–28℃. Suhu ruang produksi pada toko roti Gembong Gedhe melebihi NAB yaitu sebesar 29,3℃. Oleh karena itu perlu di lakukan analisis pengaruh paparan temperature terhadap beban mental pekerja
Metode yang di lakukan dalam menyelesaikan permasalahan pada toko roti Gembong Gedhe yaitu dengan menggunakan metode NASA-TLX. Dengan harapan dapat analisis beban mental pekerja dari paparan panas dengan menggunakan software surfer 11. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Chie-square di dapatkan nilai p-value 0,0594 pada variabel KW, nilai p-value 0,997 pada vaiabel P, dan nilai p-value 0,997 pada variabel TU. Sehingga terdapat variabel Kebutuhan Waktu (KW),Performansi (P), dan Tingkat Usaha (TU) berpengaruh terhadap beban kerja mental.
Kata kunci: Beban Kerja Mental, Software Surfer 11, NASA-TLX

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v4i1.9640

Article Metrics

Abstract views : 92| PDF views : 92


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.