ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX) DAN CARDIOVASCULAR (CVL) (STUDI KASUS : CV. GRIYA SERASI PRODUKUTAMA)

Farhan Naufal Prasandi
Novi Marlyana
Irwan Sukendar

Abstract


CV. Griya Serasi Produkutama merupakan perusahaan dibidang advertising. Perusahaan ini memiliki 9 karyawan, dibagian indoor dan outdoor, pada proses produksinya karyawan dituntut melakukan semua proses produksi secara bersamaan dan tidak terpaku pada satu proses produksi saja. Kondisi ini menyebabkan karyawan mengalami beban mental dan fisik berlebih karena melebihi jam kerja normal. Selain itu karyawan mengalami tekanan sampai kewalahan jika terjadi lonjakan pesanan secara tiba-tiba dikarenakan adanya event tertentu yang bersamaan dengan adanya proses produksi lainnya. Hal itu akan menimbulkan kelelahan berlebih dan akan mengganggu kesehatan. Beban kerja yang diukur adalah beban kerja mental dan fisik untuk mengetahui beban mental pada karyawan diukur dengan metode NASA-TLX dan beban kerja fisik diukur menggunakan metode CVL. Berdasarkan masalah tersebut analisa metode NASA-TLX memiliki rata-rata beban kerja mental 69,68% kategori sedang. Terdapat satu karyawan mempunyai WWL berat > 80 % yaitu Mamat 83,13%. Hasil analisa CVL diperoleh rata-rata 19,87% kategori tidak terjadi kelelahan. Dan dua karyawan diperlukan perbaikan yaitu Aris 36,48% CVL dan Budi 32,10% CVL. Berdasarkan analisa peneliti mengusulkan makanan nutrisi, peningkatan semangat kerja memberikan pelatihan, pemberian reward tiap bulannya. meningkatkan skill, memperhatikan kesehatan dengan memberikan check-up minimal satu kali dalam setahun.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aranda, N.B. et al. (2021) „Working Load Analysis Of Mental Operator Web Printing Machine With Job Targets Using National Aeronautics And Space Administartion Task Load Indexand rating Scale Mental Effort at PT. Bawen Mediatama‟, Journal of Applied Science and Technology, 1(2 July), pp. 38–48.

Drs. Irzal, M.K. (2016) Buku Dasar – Dasar Kesehatan & Keselamatan Kerja, Kesehatan Masyarakat. Jember.

Fathimahhayati, L.D., Tambunan, W. and Putri, R.A. (2018) „Analisis Beban Kerja Mental Pada Operator Air Traffic Controller (ATC) Dengan Metode Subjektif dan Objektif (Studi Kasus: Airnav Bandar Udara XYZ)‟, Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi ANGKASA, X(1 mei), pp. 69–76.

Hart, Sandra G., and Lowell E. Staveland. 1988. “Development of NASA-TLX.” Human Mental Workload. Advances in Psychology (52):139–83.

Huda, S. (2020) Analisa Pengukuran Beban Kerja Mental dan Fisik Dengan Metode (NASA-TLX) National Aeronautics and Space Administrasi Task Load Index dan (CVL) Cardiovasculair Load. Skripsi. Universitas Sultan Agung. Semarang

Mukhlisani, N., Wigjosoebroto, S. and Sudarso, I. (2008) „Pendekatan Structural Equation Modeling Untuk Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Dari Tinjauan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja di PT. Barata Indonesia (Persero)-Gresik‟, prosiding seminar nasional manajemen teknologi VIII, p. A-22-1-A-22-12.

Pambudi, Agus dan Poernomo, A. (2018) „Pengukuran Beban Kerja Operator Alat Berat Menggunakan Metode 10 Denyut (Studi Kasus di PT. tripurwita Jaya Abadi Trenggalek)‟, Doctoral disertation, pp. 1–10, Universitas 17 Agustus 1945

Pramesti, A. and Suhendar, E. (2021) „Analisis Beban Kerja Menggunakan Metode NASA-TLX Pada CV. Bahagia Jaya Alsindo‟, STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 5(3), p. 229.

Putri, ulfa liani and Handayani, naniek utami (2019) „Analisis Beban Kerja Mental Dengan Metode Nasa Tlx Pada Departemen Logistik Pt Abc‟, Industrial Engineering online journal, 6(2), p. 1-10.

Putri, M. vivi (2019) „Penerapan Metode Cardiovascular Load (CVL) Dalam Analisis Beban Kerja Operator‟, 2(2), pp. 9–25.

Rufita, L. (2017) Analisa Beban Kerja Mental Dan Beban Kerja Fisik Untuk Menentukan Jumlah Karyawan yang Optimal dengan Menggunakan Metode NASA-TLX Dan Work Sampling (Studi Kasus: PT. Pura Nusapersada Unit PM 7/8) Semarang, Luse Rufita.Skripsi. Universitas Sultan Agung. Semarang

Wijaya, D.A. (2019) „Pengukuran Beban Kerja Karyawan Dengan Metode Swat Lestari Jaya Global . Tbk‟. Wijayanti, P., Sugiyono, A. and Marlyana, N. (2019) „Analisis Pengukuran Beban Kerja dengan Metode REBA dan Nasa-TLX di Departemen Quality Control PT Seidensticker Indonesia‟, Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, pp. 480–488.

Zikrullah, J. and Putra, G. (2022) „Pengukuran Beban Kerja Operator Menggunakan LI‟, VII(7), pp. 2976–2982




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v3i2.9766

Article Metrics

Abstract views : 152| PDF views : 99


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.