PENGAWETAN PRODUK UMKM SAMBEL MENGGUNAKAN METODE PENAHANAN PANAS DENGAN PARAMETER WAKTU

Mirza Yusuf - [ https://orcid.org/0000-0001-6302-2467 ]
Putri Rachmawati

Abstract


Perekonomian yang ada di Indonesia tidak bisa dipungkiri mengalami perkembangan yang sangat pesat karena peran usaha kecil menengah (UKM).[1]. Peran UMKM yaitu pemenuhan kebutuhan masyarakat akan sebuah produk unggul, Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) merilis keadaan tersebut pasca krisis ekonomi terkait jumlah UMKM yang terus meningkat pertumbuhannya dari 85 juta hingga 107 juta tenaga kerja pada tahun 2012. Fenomena ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan usaha yang produktif untuk dikembangkan secara makro dan mikro di Indonesia.[2] Ditengah banyaknya produk UMKM yang menggeliat muncul kendala yang perlu diteliti secara teknis menyangkut kualitas dan ketahanan mutu sebuah produk. Salahsatunya yang sangat signifikan yaitu masa kadaluarsa produk UMKM. dalam penelitian ini ditekankan pada produk UMKM sambel kemasan. Pendekatan yang dilakukan adalah mengetahui unsur unsur organik yang bersifat mengalami pembusukan, kadar air yang dikandung, pemanasan dengan metode heating rate yang sesuai dengan unsur organic yang ada. Diharapkan kandungan nutrisi dan citarasa tidak mengalami kerusakan dengan menetapkan skala pemanasan yang tepat. Dapat disimpulkan dari percobaan ini terdapat 3 variasi waktu. didapatkan lama waktu pemanasan terbaik selama 180menit dengan panas surface terukur melalui thermometer infrared 155 derajat celcius. Pada kapasitas produksi 10kg sambel mengalami perbedaan suhu antar permukaan pemanas dengan media sambel paling atas pada 85 derajat celcius. Sehingga delta dari panas yag diserap object adalah 70 derajat celcius.

Keywords


Sambal kemasan; treatment pengawetan; delta temperature; variasi waktu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(n.d.).

Anief, M. (2021). Penggolongan obat berdasarkan khasiat dan penggunaan. UGM Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=X10XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:VRSoO_oMxNgJ:scholar.google.com/&ots=BEgB7yBuLm&sig=GhZpj21t8StVRHvyWEhbGNbjehE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Antoni Alpindo. (n.d.). PENINGKATAN KUALITAS SAMBAL FERMENTASI MELALUI PENAMBAHAN GARAM DAN BAHAN PENSTABIL.

Barlina, R., Karouw, S., Towaha, J., & Hutapea, R. (n.d.). RINDENGAN BARLINA et al.: Pengaruh perbandingan air kelapa dan penambahan daging kelapa muda serta lama penyimpanan PENGARUH PERBANDINGAN AIR KELAPA DAN PENAMBAHAN DAGING KELAPA MUDA SERTA LAMA PENYIMPANAN TERHADAP SERBUK MINUMAN KELAPA.

Effect_of_pH_and_Pasteurization_Temperat. (n.d.).

Farrell, & Kenneth T. (1998). Spices, condiments, and seasonings. Springer Science & Business Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ehAFUhWV4QMC&oi=fnd&pg=PA1&dq=Farrel,+K.T.+1990.+Spicies,+Condiments+and+Seasonings.+Van+Nostrand+Reinhold:+New+York.+&ots=R50gFr39Ud&sig=cYXpeQKJJSi3nfCckGiFpiW6VvU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Hartuti, N. (1996). Penanganan panen dan pascapanen cabai merah. Teknologi Produksi Cabai Merah. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Hortikultura. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian.

Husen, A. (n.d.). PENGOLAHAN IKAN CAKALANG ASAP (Katsuwonus pelamis) DENGAN PENILAIAN ORGANOLEPTIK. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno

Pangastuti, H. A., Permana, L., Tio Mareta, D., Fitriani, V., & Wahyuningtyas, A. (n.d.). KAJIAN SIFAT FISIK, KIMIA, DAN SENSORIS SAMBAL TEMPOYAK (DURIAN TERFERMENTASI) BERKEMASAN RETORT POUCH.

Permana, L., Pangastuti, H. A., Fitriani, V., Mareta, D. T., & Wahyuningtyas, A. (2021). Pengembangan Produk Sambal Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) Berkemasan Retort pouch: Studi Karakteristik Fisik, Kimia dan Sensoris. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 10(2). https://doi.org/10.17728/jatp.7429

Sari, N. A., Syarif, W., & Holinesti, R. (n.d.). PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG TALAS TERHADAP KUALITAS CUPCAKE.

Sri Panca Wahyu Putri Utami, E. S. R. M. (n.d.). Analysis Logam Berat Pb pada Saus Tomat dan Saus Cabai yang breeder di Kota Surakarta secara spektrofotometri serapan atom.

Suhardi, B., Kadita, M., & Widyo Laksono, P. (2018). PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DENGAN STANDAR CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) DAN WORK IMPROVEMENT IN SMALL ENTERPRISE (WISE) PADA INDUSTRI KERUPUK SALA. Jurnal SIMETRIS, 9(1).

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SAMBILOTO (A. Paniculata [BURM.F] NEES) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI TOMAT DAN CABAI MERAH. (n.d.-a).

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SAMBILOTO (A. Paniculata [BURM.F] NEES) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI TOMAT DAN CABAI MERAH. (n.d.-b).




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v3i2.9880

Article Metrics

Abstract views : 337| PDF views : 239


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.