Pembelajaran Berbasis Sentra Peran dalam Upaya Stimulus Perkembangan Bahasa dan Sikap Mandiri Anak Usia 0-2 Tahun di TPA 01 SUKAMAJU

Anita Afrianianingsih
Dwiana Asih Wiranti
Akhlafiah Maulani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandiriaan anak melalui metode pembelajaran berbasis sentra peran di TPA 01 SUKAMAJU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di TPA 01 SUKAMAJU. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa dan  kemandirian anak meningkat melalui pembelajaran sentra peran. Anak memerankan gerakan dan suara binatang. Guru memberikan tugas mandiri kepadaanak untuk memilih dan memakai properti sederhana susai dengan perannya. Di akhir pembelajaran, anak dilatih untuk merapikan property yang telah digunakan, kemudian guru memberi penguatan berupa pesan dan motivasi untuk semakin mandiri.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6075

Article Metrics

Abstract views : 454| PDF views : 226

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter