ANALISA PENYEBAB BULLYING DALAM KASUS PERTUMBUHAN MENTAL DAN EMOSIONAL ANAK

Nilam Permata
Imaniar Purbasari
Nur Fajrie

Abstract


Perilaku bullying terjadi di Desa Gemiringlor, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, bullying mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan mental dan emosional anak yang dilakukan dengan cara menyakiti seseorang atau lebih kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya bullying dalam kasus pertumbuhan mental dan emosional anak di Desa Gemiringlor Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Subjek penelitian yang dijadikan informan adalah korban bullying yaitu ada 4 anak laki-laki dan orang tuanya. Hasilnya menunjukkan bahwa proses terjadinya tindakan bullying dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Anak yang dibully berkepribadian pendiam dan lemah sehingga mudah untuk terjadi tindakan bullying. Perlu adanya sikap berani dan pengasuhan orang tua yang baik untuk anak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albin, R. . (1986). Emosi Bagaimana Mengenal, Menerima, dan Mengarahkannya.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih Diantara Lima Pendekatan) (Ke-3). Pustaka Belajar.

Dewi, R. (2010). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Depdiknas Dierjen Dikti.

Goleman, D. (2004). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ, Terjemahan oleh T. Hermaya. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gunarso, S. D. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Gunung Mulia.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Fenomenologi (ke-1). CV.Literasi Nusantara Abadi.

Hurlock, E. . (2021). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepnajang. Rentang Kehidupan (terjemahan). Erlangga.

Mudjijanti, F. (2011). School Bullying dan Peran Guru dalam Mengatasinya. Naskah Krida Rakyat.

Muspita., A., Nurhasanah, & M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying pada Siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Tinggi Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, Vol 2, No., 31–38.

Priyatna. (2010). NoLet’s End Bullying : Memahami, Mencegah, dan. Mengatasi Bullying. Title. PT Elex Media Komputindo.

Rekno Handayani1, Imaniar Purbasari2, D. S. (2020). TIPE-TIPE POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11 Nomor 1, 16–23.

RN Faizah, Fajri Nur, & R. R. (2021). Sikap sopan santun anak dilihat dari pola asuh orang tua tunggal. Prasasati Ilmu, 1 Nomor 1, 13–18.

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental (Konsep, Cakupan dan Perkembangannya)le. C.V ANDI OFFSET.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Tumon. (2014). Studi Diskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja. Vol.3 No.1.

Zakiyah, E.A., Humaedi, H., & Santosa, M. . (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Vol. 4, No, 129–389.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255

Article Metrics

Abstract views : 63| PDF views : 40

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

 

Flag Counter