PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI GERITAN PATI

Geger Irvan Ismy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Geritan Pati dan apa solusi yang harus dilakukan oleh orang tua agar siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan mengambil subjek orang tua siswa, siswa, dan guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan orang tua yang anaknya berprestasi menggunakan pola asuh yang bersifat demokratis cenderung mampu meluangkan waktunya  untuk anak memberikan hadiah serta perhatian kepada anaknya untuk lebih meningkatkan motivasi anak. Sedangkan orang tua yang anaknya kurang berprestasi menggunakan pola asuh yang bersifat permisif cenderung kurang mampu meluangkan waktunya untuk anak, tetapi tetap memberikan nasehat kepada anak sebagai bentuk upaya meningkatkan  motivasi belajar anak.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.8653

Article Metrics

Abstract views : 18|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter