Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Pada Pemasaran Umkm Masyarakat Desa Gulang

Zidan Fatchul Abror, Soni Adiyono, Zainur Romadhon, Muhammad Arifin

Sari


Dalam perekonomian yang semakin kompetitif, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi kesulitan dalam memasarkan produk mereka karena kurangnya pemahaman tentang penggunaan media digital untuk pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan terkait digitalisasi bagi UMKM di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan meliputi beberapa tahapan, yaitu survei, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan media digital untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memastikan bahwa para pelaku usaha dapat menggunakan media sosial dan platform digital (seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan e-commerce) sebagai sarana untuk memasarkan produk. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan pendapatan serta efisiensi operasional yang berkelanjutan dalam bisnis mereka.


Kata Kunci


Pemasaran Digital, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pemanfaatan Media Sosial

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpsitech.v2i1.14393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Publisher:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus

Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus 59327 - Central Java, Indonesia

Website: https://lppm.umk.ac.id