Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Digital Melalui Pelatihan Canva bagi Siswa SMPN 1 Nalumsari

Ahmad Sabbana Nasrullah, Arif Setiawan, Diana Laily Fithri, Soni Adiyono, Zainur Romadhon

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital dan kreativitas visual siswa SMPN 1 Nalumsari melalui pelatihan desain grafis berbasis aplikasi Canva. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep desain grafis dan kurangnya pengalaman dalam menggunakan perangkat lunak desain yang mudah diakses. Program pelatihan dilaksanakan dalam beberapa tahap, melibatkan 60 siswa kelas VII dan VIII yang dibagi dalam dua kelompok. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, penyampaian materi dasar desain grafis, praktik langsung menggunakan Canva, serta pendampingan secara intensif. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa dalam membuat desain poster, infografis, dan presentasi. Selain itu, pelatihan ini juga berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan ide secara visual. Keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi sekolah dalam mengintegrasikan desain grafis sebagai bagian dari pembelajaran berbasis teknologi digital secara berkelanjutan.


Kata Kunci


pengabdian masyarakat, desain grafis, Canva, keterampilan digital, siswa SMP

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpsitech.v2i1.15154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Publisher:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus

Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus 59327 - Central Java, Indonesia

Website: https://lppm.umk.ac.id