NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT “MALIN KUNDANG”

Alifia Ahwal Zakiyyah
Sherly Rizki Permatahati
Septia Indana Zulfa

Abstract


Abstract

This guideline is a new format for template article which will be published, starting from Januari 2022 by Jurnal Kala (Jurnal Ilmiah Sastra). Abstract is a summary of the article. Abstract must include at least: research aim, research method, and results. Abstract should stand alone, means that no citation in abstract. Consider it as the advertisement of your article. Abstract should tell the prospective reader what you did and highlight the key findings. Avoid using technical jargon and uncommon abbreviations. You must be accurate, brief, clear and specific. Use words which reflect the precise meaning. Abstract should be precise and honest. Please follow word limitations no more than 200 words. Lines are one spaced. In addition, Keywords are the labels of your manuscript and critical to correct indexing and searching. Therefore, the keywords should represent the content and highlight of your article. Use only those abbreviations that are firmly established in the field. e.g. RME. Provide at least three keywords.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas nilai moral dalam cerita rakyat “Malin Kundang”. Cerita rakyat ialah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada zaman dulu yang dapat menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam yang mencakup nilai-nilai budaya, norma-norma, dan nilai-nilai etika serta nilai moral masyarakat pendukungnya. Dalam sebuah cerita rakyat pasti mengandung nilai moral. Nilai moral merupakan upaya pembentukan sikap dan tingkah laku sesorang yang dilandasi oleh kesadaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaknidengan membaca teks cerpen secara keseluruhan. Sumber data dalam penelitian ini yakni cerita rakyat “Malin Kundang”. Hasil dari penelitian ini ialah nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat.


Keywords


Folklore; Malin Kundang; Moral values

Referensi


Hermawan, D., & Shandi, S. P. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20.

Ayuningtiyas, R. (2019). Relasi kuasa dalam Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi: kajian teori Michel Foucault. sarasvati, 1(1), 73-86.

Ayuningtiyas, R. (2019). Relasi kuasa dalam Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi: kajian teori Michel Foucault. sarasvati, 1(1), 73-86.

Artika, I. W. (2015). Teori dalam pengajaran sastra. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 10(19).


Article Metrics

Abstract views : 183|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.