ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL CATATAN JUANG KARYA FIERSA BESARI MELALUI PENDEKATAN MIMETIK

Ginasti Mareta Rahayu
Reva Lina Alya Putri
Erlina Widya Rahma

Abstract


Abstract

Literature is a medium that can be used by the author in expressing his thoughts that are imaginative, aesthetic and pleasing to the reader. A literary work is born from the author's observations about the life around him along with the many values contained in it. This study aims to describe moral values in literary works, especially novels that use a mimetic approach. Data collection techniques using the method of reading, taking notes, and documentation from the bibliography. From this research, the writer produces data that shows the moral values contained in the novel Notes Juang by Fiersa Besari. The moral values contained include the moral value of the relationship between humans and God, humans and humans and the relationship between humans and the life around them.

 

Abstrak

Karya sastra merupakan media yang bisa digunakan pengarang dalam mengungkapkan pikiran-pikirannya yang bersifat imajinatif, estetik dan menyenangkan pembacanya. Sebuah karya sastra terlahir dari pengamatan penulis mengenai kehidupan disekitarnya beserta dengan banyak nilai yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai moral dalam karya sastra khususnya novel yang menggunakan pendekatan secara mimetik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode membaca, mecatat, dan dokumentasi dari daftar pustaka. Dari penelitian ini penulis menghasilkan data yang menunjukkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari. Nilai moral yang terkandung meliputi nilai moral hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan hubungan antara manusia dengan kehidupan disekitarnya.


Keywords


literary works; moral values; novel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


PT. Dunia Pustaka Jaya. 2015. Sastra dan Karya Sastra.Cetakan Kelima, Bandung : Pustaka Jaya.

Arifin (2019). Nilai Moral Karya Sastra Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Jurnal Literasi. Vol.1, No.1.

Murtini, Maryati (2017). Analisis Nilai Moral Novel Bulan Jingga dalam Kepala Karya M. Fadroel Rachman. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Vol.1, No.1.

Harziko, Iye (2019). Nilai-nilai Moral dalam Tokoh Utama Pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito dan Rie Yanti. Jurnal Telaga Bahasa. Vol.7, No.2.

Irmaniati. Analisis Pesan Moral yang Terkandung dalam Puisi “Bersatulah Pelacur-pelacur Kota Jakarta”. Jurnal Omona : Pendidikan, Bahasa dan Satra PBSI FKIP Universitas Cokro Aminoto Palopo. Vol.2, No.3.

Ayuningtiyas (2019). Relasi kuasa dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi : kajian Teori Michel Foucault. Jurnal Ilmiah SARASVATI, Vol.1, No.1.

Rahayu. Analisis Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer dengan Pendekatan Mimetik. Deiksis Jurnal Penidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hartati, M., & Wulan, A. P. (2016). Analisis Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 138-151.

Hartani, A., & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media CD Cerita pada Siswa Kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-38.

Hardiyanti, D. A., Farkhiyah, F., & Fathurohman, I. (2019, August). Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal Pada Materi Gaya Dan Cerita Fiksi Di Kelas Iv Muatan Bahasa Indonesia Dan Ilmu Pengetahuan Alam. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 397-407).

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179-1186.

Sofia, E. M., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatkan Keterampilan Menulis Pendapat Pribadi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 249-262.

Fathurohman, I. (2013). Aspek Citraan Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk: Kajian Stilistika dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMK Tamansiswa Banjarnegara. Refleksi Edukatika, 4(1).

Sabila, G., & Fathurohman, I. (2022). Konflik Sosial dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Kajian Strukturalisme. GERAM, 10(1), 1-9.

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 561-569.

Fathurahman, O. (2015). Filologi Indonesia Teori dan Metode . Media Prana.

Pratiwi, DR, & Al-Ma'ruf, AI (2013). Novel Gaya Kata Dalam Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fuadduddin, F. (2014). Studi metodologi pembelajaran nilai-nilai akhlak karya Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari Jombang (Disertasi Doktor, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ahsin, MN, & Ristiyani, R. (2019). Penerapan Model Sinektik Untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerpen Bagi Mahasiswa. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra , 3 (1), 148-156.

Nuha, AU, Fathurohman, I., & Ristiyani, R. (2022). ANALISIS CURHAT KORBAN KEJAHATAN ASUSILA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMANTIK: KAJIAN LINGUISTIK FORENSIK. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra , 5 (2), 547-562.

Aini, NL, Fathurohman, I., & Ristiyani, R. (2022). MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMAN 2 KUDUS. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra , 5 (2), 563-581.

Ahsin, MN, Ristiyani, R., & Lusianti, D. (2019). Pembuatan Alat Bantu Terapi Wicara Untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Ristiyani, R., & Ahsin, MN (2017). Validitas Buku Santun Berbahasa Untuk Interaksi Pengasuhan Berbahasa Anak Jalanan di Rumah Singgah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya , 1 (2), 246-261.

Ristiyani, R. (2017). Analisis Strata Norma Kumpulan Sajak Nikah Ilalang Karya Dorothea Rosa Herliany: Menggeser Ideologi Kontra Feminis dalam Masyarakat Patriarkhi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 4 (1), 77-88.

Wanabuliandari, S., Ardianti, SD, Ristiyani, R., Bintoro, HS, & Sutiksno, DU (2019, Juli). Modul e-Jas: Upaya Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Dalam 1st International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge (ICLICK 2018) (hlm. 118-123). Pers Atlantis.

Ardianti, SD, & Ristiyani, R. (2017). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Melalui Modul Anggota Tubuh Manusia. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG , 5 (2), 65-70.

Ristiyani, R., & Widianto, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal di Universitas Muria Kudus. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, hlm. 334-337).

Ristiyani, R., Roysa, M., & Fakhriyah, F. (2017). Kelayakan Buku Santun Berbahasa Untuk Pengasuhan Berbahasa Peserta Didik Tk Di Kabupaten Kudus. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 7 (2).

Kanzunnudin, M. (2017). Menggali Nilai dan Fungsi Cerita Rakyat Sultan Hadirin dan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-17.

Kanzunnudin, M. (2012, June). Peran sastra dalam pendidikan karakter. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Pendidikan untuk Kejayaan Bangsa (pp. 195-204).

Hidayatullah, A., & Kanzunnudin, M. (2020). ANALISIS STRUKTUR, FUNGSI, DAN NILAI PADA FOLKLOR NAWANGSIH UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 148-167.

Yuliani, I., Kanzunnudin, M., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 29-36.

Kanzunnudin, M. (2015). Cerita Rakyat sebagai Sumber Kearifan Lokal. In Makalah disajikan dalam seminar kebudayaan pusat studi kebudayaan universitas muria kudus, di kudus.

Wulandari, R., Utaminingsih, S., & Kanzunnudin, M. (2020). Development of Class VI Elementary School Thematic Teaching Materials Based Local Wisdom. Journal of Education Technology, 4(3), 296-301.

Pratiwi, I. A., Kanzunnudin, M., & Rondli, W. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Berbasis Multikultural. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372.

Kanzunnudin, M. (2021). Nilai Sosial dalam Cerita Lisan “Mbah Suto Bodo” di Kabupaten Pati. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 152-166.

Kanzunnudin, M. (2017). Peran Cerita Prosa Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa. In Makalah disampaikan dalam seminar nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Bangsa yang diselenggarakan Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK dan Balai Bahasa Jawa Tengah, di Universitas Muria Kudus.

Kanzunnudin, M. (2021). Nilai Sosial dalam Cerita Lisan “Mbah Suto Bodo” di Kabupaten Pati. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 152-166.

Rodli, R., Nugraheni, L., & Ediyono, S. (2019). PEMIKIRAN FILSAFAT DALAM NOVEL “GERAK-GERIK” KARYA AH. J. KHUZAENI. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 15-23.

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375-381.

Nugraheni, L. (2014). Majas dan Citraan dalam Kumpulan Puisi Blues untuk Bonnie Karya W. S. Rendra dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA (Doctoral dissertation, Tesis).

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMENTASAN DRAMA “PELAYARAN MENUJU IBU” KARYA RAMLI PRAPANCA SEBAGAI BAHAN AJAR PENGKAJIAN DRAMA MAHASISWA PBSI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 684-689.

Nugraheni, L., Ekowardani, N., & Waluyo, H. J. (2020, September). Pictures Series As Learning Media Of Folklore At Elementary School. In Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (pp. 1-4).

Ekanasari, N., Fathurohman, I., & Nugraheni, L. KEARIFAN LOKAL DALAM TRADISI MANTEN MUBENG GAPURA DI DESA LORAM KULON. Tim Reviewer Bahasa, 58.

Nugraheni, L. (2013). Bahasa Figuratif dalam Lirik Lagu pada Album The Very Best of Iwan Fals dan Pemaknaannya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Luthfa, N., & Al-Ma’ruf, A. I. (2014). Majas danCitraan dalam Kumpulan Puisi Blues untuk Bonnie Karya WS Rendra dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nugraheni, L. Suyitno., Waluyo, HJ, & Wardani, NE (2022). The influence of wayang beber (The Legend of Wasis Joyokusumo) as a character-based learning media on students’ critical thinking ability. International Journal of Instruction, 15(3), 267-290.

Nugraheni, L. (2019). MEDIA SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN FOLKLOR DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN PATI. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 166-170.

Luthfa, I., & Khasanah, N. N. (2021). Descriptive Study of Optimizing Family Health Functions in Preventing COVID 19 Transmission. Journal of Nursing Care, 4(2).

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122-128.

Wibowo, S. A., & Roysa, M. (2018). Efektivitas penggunaan model think talk write berbantuan media komik strip dalam peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 145-159.

Fakhriyah, F., Roysa, M., & Faturrohman, I. (2014). Pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup organisme dilihat dari tingkat kemandirian belajar siswa di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal Sosial Budaya, 7(1), 39-44.

Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).

Rahmawati, F. F., Setiawan, D., & Roysa, M. (2021). Penyebab Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD 4 Damarjati. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3).

Nikhayah, S., Murtono, M., & Roysa, M. (2021). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 785-790.

Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil Berternak Ayam” berdasarkan Pendekatan Stuktural. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 18-30.

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21-27.

Sholekhah, K., Roysa, M., & Masfuah, S. (2019). Penerapan Model Mind Mapping Berbantuan Media Pohon Ajaib Pada Siswa Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).

Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal on Education, 2(4), 283-296.


Article Metrics

Abstract views : 399| PDF views : 169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.