Analisis Usahatani Buncis (Phaseolus vulgaris L.) di Kenagarian Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Winda Widyastuti
Yusri Usman
Elfi Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kultur teknis usahatani buncis yang  dilakukan oleh petani di Kenagarian Canduang Koto Laweh serta menganalisis  besarnya pendapatan dan keuntungan masing-masing petani buncis.

Metode yang  digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Populasi petani buncis pada  musim tanam Desember 2013 – Februari 2014 yang ada di Kenagarian Canduang  Koto Laweh ada 36 orang, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22  orang sebagai sampel dengan kriteria petani yang menanam buncis secara  monokultur, petani yang menanam di lahan kering dan petani yang mengusahakan  tanaman buncis pada musim tanam Desember 2013 – Februari 2014. Dalam  pengambilan sampel metode yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis  data yang digunakan untuk tujuan pertama yaitu secara deskriptif kualitatif sedangkan untuk tujuan kedua dilakukan secara kuantitatif.

Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan budidaya atau kultur teknis  buncis yang dilakukan oleh petani di Kenagarian Canduang Koto Laweh belum sepenuhnya sesuai dengan yang dianjurkan oleh literatur, seperti lebar bedengan,waktu pemupukan, jenis pupuk, jarak tanam, kebutuhan benih dan cara  panen. Produksi yang dihasilkan oleh petani sampel adalah Rp 10.366,85 kg/Ha.  Pendapatan yang diterima petani di Kenagarian Canduang Koto Laweh sebesar 29.821.613,05/Ha, sedangkan keuntungan yang diperoleh petani buncis sebesar Rp 21.747.805,06/Ha. Analisis R/C ratio pada kegiatan usahatani buncis sebesar 1,76. 


Keywords


usahatani buncis;pendapatan;keuntungan

References


Arikunto,S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yokyakarta : Bima Karya.

Devi, Sri. 2018. Analisis Usahatani Wortek di Desa Ujung Bulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Janeponto. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Efendi, Yusuf. 2016. Analisa Usahatani Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) di Desa Mandesan Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Journal Viabel Pertanian.

Nurmansyah, Dodi. 2014. Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran di Kelompok Tani Jaya Desa Ciaruten Kecamatan Cibungbulan Kabupaten Bogor, Jurnal Agribisnis, Vol 8:1 Juni 201 , hlm.30.

Nazir, M. 2013. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia. Bogor Selatan. Rukmana, Rahmat. 1994. Seri Budidaya Buncis. Kanisius. Yogyakarta.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Rajawali Press. Jakarta

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Teguh, Muhammad. 2001. Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Zulkarnain, 2013. Budidaya Sayuran Tropis. Jakarta. Bumi Aksara. 219 hal.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjagrotek.v1i1.8225

Article Metrics

Abstract views : 529| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.