Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis “Critical Thinking” Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 6 Blora

Achmad Hilal Madjdi
Muh Syafei
Agung Dwi Nurcahyo
Atik Rokhayani

Abstract


Merujuk pada hasil survei Programme of International Student Assessment (PISA) yang dilaksanakan pada tahun 2018, kemampuan literasi dan numerasi para siswa Indonesia berada pada posisi lebih rendah dibandingkan dengan siswa di negara-negara lain. Posisi Indonesia pada tahun 2018 untuk membaca berada di peringkat 72 dari 77 negara, dan sains berada di peringkat 70 dari 78 negara (OECD, 2018).  Melihat tingkat literasi yang rendah dari para siswa di Indonesia, maka harus ada upaya yang terus menerus untuk meningkatkan literasi mereka, mengingat literasi menjadi tuntutan bagi para siswa/peserta didik untuk memenuhi kualifikasi kompetensi di abad 21 ini. Saat ini Kemendikbudristek telah mencanangkan penggunaan Kurikulum Merdeka pada satuan-satuan pendidikan di Indonesia. Pengembangan literasi menjadi salah satu fokus dan perhatian pada kurikulum ini sedikit banyak telah mendorong para peneliti, guru dan praktisi pendidikan untuk melakukan eksplorasi keilmuan dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan ragam karakteristik peserta didik dan mampu memacu mereka untuk mengembangkan literasi. Oleh karena itulah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan para guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Blora untuk mengembangkan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis “Critical Thinking”.

Keywords


model pembelajaran;critical thinking;literasi

Referensi


Amin, A. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2020). The correlation between metacognitive skills and critical thinking skills at the implementation of four different learning strategies in animal physiology lectures. European Journal of Educational Research, 9(1), 143–163. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.143

Amsalem, D., Gothelf, D., Soul, O., Dorman, A., Ziv, A., & Gross, R. (2020). Single-Day Simulation-Based Training Improves Communication and Psychiatric Skills of Medical Students. Frontiers in Psychiatry, 11(March), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00221

Bergman, P., & Chan, E. (2021). Leveraging Technology to Engage Parents at Scale: Evidence from a Randomized Controlled Trial. SSRN Electronic Journal, March. https://doi.org/10.2139/ssrn.2989472

Hidayati, N., Zubaidah, S., Suarsini, E., & Praherdhiono, H. (2020). The relationship between critical thinking and knowledge acquisition: The role of digital mind maps-PBL strategies. International Journal of Information and Education Technology, 10(2), 140–145. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.2.1353

Li, B. Z., Cao, N. W., Ren, C. X., Chu, X. J., Zhou, H. Y., & Guo, B. (2020). Flipped classroom improves nursing students’ theoretical learning in China: A meta-analysis. PLoS ONE, 15(8 August), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237926

Liesa-Orús, M., Latorre-Cosculluela, C., Vázquez-Toledo, S., & Sierra-Sánchez, V. (2020). The technological challenge facing higher education professors: Perceptions of ICT tools for developing 21st Century skills. Sustainability (Switzerland), 12(13). https://doi.org/10.3390/su12135339

Mohseni, F., Seifoori, Z., & Ahangari, S. (2020). The impact of metacognitive strategy training and critical thinking awareness-raising on reading comprehension. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1720946

Wale, B. D., & Bishaw, K. S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2

Wang, Y., Yang, Z., Zhang, Y.,Wang, F., Liu, T., & Xin, T. (2019). The effect of social-emotional competency on child development in western China. Frontiers in Psychology, 10(JUN). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01282

Wangid, M. N., Rudyanto, H. E., & Gunartati. (2020). The Use of AR-assisted storybook to reduce mathematical anxiety on elementary school students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(6), 195–204. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I06.12285

Yulian, R. (2021). The flipped classroom: Improving critical thinking for critical reading of efl learners in higher education. Studies in English Language and Education, 8(2), 508–522. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18366




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v6i1.11901

Article Metrics

Abstract views : 16|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

 

Flag Counter