PKM PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SENTRA INDUSTRI KERAJINAN TAS DI DESA BESITO KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS
Sari
Usaha kecil menjadi salah satu strategi bagi pembangunan di Indonesia dan juga sebagai upaya memeratakan hasil pembangunan yang telah dicapai. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat dibutuhkan sebagai penggerak perekonomian nasional, karena dapat berkontribusi terhadap pendapatan masyarakat. Nurul Konveksi adalah salah satu UMKM yang berada di Desa Besito, Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus bergerak dalam bidang industri kerajinan tas. Permasalahan yang dihadapi Nurul Konveksi dalam menjalankan usahanya, salah satunya adalah terkait produksi, pemasaran dan pencatatan keuangan yang masih sangat sederhana. Permasalahan tersebut memerlukan pendampingan untuk mengembangkan usaha produksi kerajinan tas. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui 3 tahap, tahap pertama perencanaan yang meliputi analisis situasi kondisi mitra, survey lokasi, penentuankerjasama dengan mitra, pembentukan tim dan struktur tim. Tahap kedua meliputi pelaksanaan pendampingan, sosialisasi, pelatihan dan tahap ketiga adalah tahap evaluasi kegiatan dan pelaporan. Hasil dari kegiatan ini pelaku UMKM sudah memiliki logo UMKM, digital marketing berupa Instagram ,shopee, dan marketplace serta Facebook dan mitra sudah mampu mengelola keuangan melalui aplikasi secara efektif.
Artikel ini dapat diakses secara terbuka dibawah lisensi CC-BY
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmed, M. A., & Zahid, Z. (2014). Role of Social Media marketing to enhance CRM and Brand Equity in terms of Purchase Intentions. ASIAN JOURNAL OF MANAGEMENT RESEARCH , 533-549. Carvill, M. (2018). Get Social: Social Media Strategy & Tactics for Leaders. New York: Kogan Page. Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Vol. 1 No. 2, 62-76. Kautsarina. (2013). Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 17 No. 2, 135-148. Rudyanto. (2018). Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial dan Keterkaitan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 11, 177-200. Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, (pp. 327-337).
DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v6i2.12583
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik