Pelatihan Digitalisasi Kepada Pelaku UMKM Batik di Desa Jarum Bayat Klaten

Rahmawati Rahmawati, Davino Genesis Anderson Tukkeng, Deby Nailatun Fitriyah, Devina Angelin Chandra, Dyah Kartikasari, Eli Puji Rahayu, Hilman Nur Iskandar, Lintang Ajeng Kurniawati, Muhammad Amrullah Arrahman, Muhammad Fadhil Wahyu Purnomo, Nabilla Nabilla, Nadila Dwi Sundari, Rasendriya Farrel Zahran Fausta

Sari


Desa Jarum di Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, dikenal sebagai desa wisata batik dengan sejarah panjang dalam produksi batik tulis, cap, dan kombinasi menggunakan pewarna alami. Namun, desa ini menghadapi tantangan dalam pemasaran dan promosi produk batik, terutama dalam era digital. Untuk mengatasi masalah ini, KKN Riset Grup UNS kelompok 142 meluncurkan program digitalisasi UMKM yang bertujuan memberdayakan masyarakat melalui peningkatan keterampilan pemasaran via media sosial dan e-commerce. Program ini berhasil meningkatkan promosi dan penjualan batik, serta mengembangkan potensi pariwisata desa. Selain itu, pelatihan penentuan harga produk membantu menjaga stabilitas harga di pasar. Meskipun program berjalan dengan baik, tantangan terkait konsistensi penerapan dan pengawasan harga masih perlu ditangani. Evaluasi lanjutan tentang dampak teknik copywriting dan pelatihan tambahan mengenai strategi pemasaran digital diharapkan dapat lebih mendukung perkembangan UMKM Batik di Desa Jarum. Antusiasme pelaku UMKM menjadi kunci keberhasilan program ini, dan diharapkan desa ini terus berkembang dengan wawasan baru untuk meningkatkan potensi usaha batik di masa depan.


Kata Kunci


Digitalisasi; Batik; UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindya, W. D. (2021). Strategi Menulis Teks Promosi (Copywriting) di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Onlineshop (Copywriting Strategy on Instagram to Increase the Selling of Onlineshop). JAST: Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.33366/jast.v5i2 Solechan, A., Ap, T. W., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika UPGRIS, 9(1), 7–12. Sri Harjanti, R., Hetika, & Murwanti, S. (2021). Analisis Harga Pokok Produksi dan Harga Jual dengan Metode Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada UKM Wedang Uwuh 3GEN Tegal). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 84–97.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v6i2.13652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

 

Flag Counter