Peningkatan Pelayanan BK di SD Melalui Teknik Empty Chair Bagi Guru SD KKG Gugus Pandanaran UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Tengah

Kusnarto Kurniawan, Awalya Awalya, Eko Nusantoro, Sinta Saraswati, Dian Wahyu Utami, Trubus Inggariani Kencana

Abstract


This service aims to add new knowledge and skills to elementary school teachers as an effort to optimize guidance and counseling services in elementary schools. Empty chair techniques was one of techniques in counseling that valued can be applied to the teachers even though the education background itself is not counseling education, to solve student’s problem related to communication in social relationship. The methods used in this training were lectures, discussions, simulations, and assignments. The results of this training showed there was improvemwnt empty chair technique mastery from the average pretest of 4,48 to 5,8 for the average post test. The suggestions for the next service is to give assistance to the participants in field practices to make the service more optimal

Referensi


Barus, Gendon dan Sri Hastuti. 2011. Kumpulan Modul Pengembangan Diri. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Corey, G. 2013. Teori dan Praktik: Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dewi, N., Hasan, H., & A.R., Mahmud. (2016). Perilaku Bullying yang Terjadi di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 37-45

Erford, B. T. 2016. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gantina, K., et.all., 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks

Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama CV

Republik Indonesia, 2009, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Republik Indonesia, 2010, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Republik Indonesia, 2014, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Republik Indonesia, 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Republik Indonesia, 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (SD).

Republik Indonesia, 2017. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter


Teks Lengkap: PDF

DOI: 10.24176/mjlm.v1i1.3106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.