PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LESSON STUDY

Achmad Hilal Madjdi
Aisyah Ririn Perwikasih Utari

Abstract


Abstrak
Guru harus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Ada beberapa teknik yang dapat diterapkan oleh guru diantaranya adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan proses kolaborasi beberapa guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Metoda yang digunakan adalah pendampingan teori dan pengetahuan tentang lesson study terhadap guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus dan praktek pembelajaran berbasis lesson stud” yang meliputi 3 (tiga) tahap: “Plan, Do dan Reflection”. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan, guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus menyusun Lesson design secara bersama-sama kemudian menerapkannya di kelas II pada pembelajaran Tematik Matematika dengan topic pengenalan uang. Pada saat pembelajaran siswa aktif berpartisipasi dengan maju ke depan kelas dan melakukan role play sebagai penjual dan pembeli. Peningkatan perhatian siswa kepada guru juga lebih baik dan siswa sangat antusias dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akerson, V.L., Pongsanon, K., Park Rogers, M.A. et al. (2017). Exploring the Use of Lesson Study to Develop Elementary Preservice Teacher’s Pedagogical Conten Knowledge for zteaching Nature of Science. Int Journal of Science and Mathematics Education. 15:

doi:10.1007/s10763-015-9690-x

Elliott John. (2012). Developing a science of teaching through lesson study. International

Journal for Lesson and Learning Studies. Vol. 1 Issue: 2, pp.108-125

Lamb, Penny., & David Aldous. (2016). Exploring the relationship between reflexivity and reflective practice through lesson study within initial teacher education. International Journal for Lesson and Learning Studies. Vol. 5 Issue: 2, pp.99-115.

Lewis, C. ( 2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change.

Philadelphia: Research for Better Schools.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v2i1.3411

Article Metrics

Abstract views : 167| PDF views : 137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

    

Flag Counter