Pelatihan Perilaku Asertif Terhadap Bullying Melalui Sosiodrama Pada Santri Pondok Pesantren Nashrul Ummah Mejobo

Edris Zamroni
Sumarwiyah Sumarwiyah

Abstract


Bullying Merupakan fenomana kenakalan anak yang sangat sering ditemui saat ini. Ditemukan beberapa kasus, bullying justru disebabkan oleh ketidakmampuan korban untuk berperilaku asertif (tegas) terhadap hal-hal negatif yang dilakukan oleh teman-temannya. Hal ini terjadi pada para santri di Pondok Pesantren Nashrul Ummah Mejobo Kudus. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan teknik sosiodrama selama delapan sesi pertemuan. Di akhir sesi setiap sosiodrama dilakukan refleksi terhadpa perilaku-perilaku negatif yang sering muncul pada kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu santri juga dilatih untuk melakukan zero tolerance terhadap hal-hal (perilaku yang mengarah ke bullying) dengan sikap yang tegas agar tidak mendapatkan perlakuak serupa di kemudian hari.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Coloroso, B. 2006. Stop Bullying. Terjemahan Santi Indra Astuti. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Depdibud, 2007, Rambu-Rambu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling pada Jalur Pendidikan Formal, Jakarta : Direktorat Jenderal PMPTK.

Hamnida, K. 2010. Teori Asertif. Tersedia online di https://jungjera.wordpress.com/tag/teori-asertif/. Diunduh 18 Agustus 2018

Karunia, N. E. 2018. Bullying, Masalah Sederhana Yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata. Tersedia online di http://www.ubaya.ac.id/2014/content/interview_ detail/85/Bullying--Masalah-Sederhana-Yang-Tak-Bisa-Dipandang-Sebelah-Mata.html. Diunduh 3 Agustus 2018.

Kusumawadhani, N. 2015. Strategi Menghadapi Bullying. Tersedia online di Kompasiana.com. Diunduh 17 Agustus 2018.

Ikhtisar.com. 2013. Tips Mengembangkan Perilaku Asertif. Tersedia online di http://ikhtisar.com/tips-mengembangkan-perilaku-asertif/. Diunduh 18 Agustus 2018.

Lange, A. J & Jackubowsi, P. 1978. Responsible Assertive Behavior: Cognitive Bahavior Procedurs Training. Illionis: Research Press.

Puspitasari, D. 2017. 7 Penyebab Anak-anak Melakukan Tindakan Bullying. Tersedia online di https://www.shopback.co.id/blog/7-penyebab-anak-anak-melakukan-tindakan-bullying. Diunduh 18 Agustus 2018.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sari, D. K. 2016. Panduan Pengembangan Keterampilan Asertif dengan Teknik Sosiodrama untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah (Untuk Siswa). Malang: Universitas Negeri Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Bimbingan dan Konseling.

Strorey, K., Slaby, R., & Adler, M. 2013. The Eyes On Bullying Toolkits. USA: Education Development Center.

Susanto, Hadi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Asertif. Tersedia online di https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/08/03/meningkatkan-kemampuan-asertif/. DIunduh 18 Agustus 2018.

Warnaningrum, I. D. & Na’imah, T. 2016. Perilaku Memaafkan Pada Korban Bullying Fisik di Sekolah Menengah Pertama. PSYCHO IDEA, Tahun 14. No.1, Juli 2016 ISSN 1693-1076. Diunduh 2 Agustus 2018.

Winarlin, R. Lasan, B.B., dan Widada. 2016. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 68-73. Tersedia Online di http://journal.um.ac.id/index.php/bk. eISSN: 2503-3417. Diunduh 2 Agustus 2018.

YouTube. 2017. Aksi Bullying Siswa SMP di Thamrin City Jakarta Akhirnya Diproses Secara Hukum. Tersedia online di https://www.youtube.com/watch?v=wdbtYYb2of0. Diunduh 3 Agustus 2018.

YouTube. 2017. Perilaku Asertif dan Non Asertif. Tersedia online di https://www.youtube.com/watch?v=ccdtXN9NSLs. Diunduh 13 Agustus 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i2.3439

Article Metrics

Abstract views : 349| PDF views : 363

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

    

Flag Counter