PELATIHAN PENGEMBANGAN TEMA KREATIVITAS BAGI GURU PAUD GERBANG HARAPAN KECAMATAN BAE KUDUS

sucipto sucipto
Richma Hidayati

Abstract


Penentuan tema sangat terbuka artinya satuan PAUD dapat menentukan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai denga minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan. Penentuan tema tidak sekedar mudah diterapkan tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Keluasan tema tergantung dari kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut. Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan tema adalah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Karenanya dalam menentukan tema menjadi penting bila diawali dengan identifikasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu. Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkrit. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

Teks Lengkap:

6-12

Referensi


Masitoh, dkk. 2003. Pendekatan belajar aktif di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan Tenaga Kependidikan.

pasal 1 ayat 16 Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naisonal

Nana Sudjana, 1995, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Abin Syamsudin Makmun. (1987). Psihologi Kependidikan. Bandung, IKIP. Bandung.

http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkm-linda3.pdf.

http://sukardihs.wordpress.com/2008/08/06/kerja-sama-tim-dalam-organisasi/

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/psikologi-sosial/partisipasi-warga-negara




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i1.4906

Article Metrics

Abstract views : 35| 6-12 views : 76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.