Aplikasi Basis Data Perpustakaan Untuk Revitalisasi Perpustakaan Desa Puyoh

Tutik Khotimah - [ https://orcid.org/0000-0003-2516-3431 ]
Evanita Evanita

Abstract


Perpustakaan sebagai gudang ilmu pengetahuan mempunyai peranan penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat. Dengan tersedianya perpustakaan di desa diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat desa sehingga masyarakat desa memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, perpustakaan harus mengembangkan dirinya menjadi perpustakaan yang ideal. Pertama, pengelola perpustakaan harus memiliki jaringan yang luas. Kedua, perpustakaan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Ketiga, perpustakaan menyediakan koleksi buku yang lengkap. Keempat, perpustakaan memiliki agenda rutin untuk menambah daya tarik pengunjung. Desa Puyoh yang terletak di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan penduduk desa Puyoh, di desa tersebut tersedia perpustakaan desa. Akan tetapi, perpustakaan di desa Puyoh masih memprihatinkan. Pihak Karang Taruna ingin melakukan revitalisasi terhadap perpustakaan yang ada di desa Puyoh. Untuk dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, pihak Karang Taruna berencana untuk membangun sistem terkomputerisasi untuk perpustakaan desa. Akan tetapi, pemuda-pemudi Karang Taruna belum memiliki pengetahuan bagaimana untuk membangun aplikasi basis data. Oleh karena itu, tim pengabdi berencana mengadakan workshop pembuatan aplikasi basis data untuk perpustakaan. Sasarannya adalah pemuda dan pemudi Karang Taruna di desa Puyoh. Harapannya, setelah mengikuti workshop, pemuda-pemudi Karang Taruna dapat membangun aplikasi basis data sederhana untuk perpustakaan desa.

Teks Lengkap:

46-50

Referensi


Ariyani, L. P., Mudana, W., Atmadja, N. B., & Purnawati, D. M. (2017). Pemberdayaan Pemuda Dalam Pengembangan Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat. Seminar Nasional Pengabdian Kepad Maysrakat (SENADIMAS) (pp. 449-455). Sanur, Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Blee, S. (2011). Having Fun With Microsoft Access 2010. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative.

BPS Kudus. (2019). Kecamatan Dawe dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kudus.

Rohman, A. S., Erwina, W., & Lusiana, E. (2018). Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Pengabdian Kepada Maysrakat Universitas Padjadjaran, 1062-1065.

Rozin, A., Katerpilarifai, D., Wibisono, A. I., & Gunawan, D. (2020). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Memudahkan Pengaturan Sirkulasi Buku Pada SMP Negeri 13 Surakarta. Abdi Teknoyasa, 7-12.

Safriansyah, Yunus MS, N. H., Tahir, A., Syarli, & Wahyuddin. (2020). Pemanfaatan Digytal Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Polewali Mandar. Desiminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 27-33.

Sutarno, N. (2008). Kamus Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Jala.

Wibowo, D. A., Riyanto, V., & Rakhmah, S. N. (2017). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMK Negeri 2 Kota Bekasi. Jurnal Infokar, 41-50.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i1.5225

Article Metrics

Abstract views : 47| 46-50 views : 23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.