Pemberdayaan Anggota Sahabat Difa Jepara (SADIFA) Dalam Memanfaatkan Limbah Olahan Produksi Sirup Herbal di Masa Pandemi

Gunawan Mohammad
Ariyanto Ariyanto

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada Sahabat Difa (Sadifa) Jepara ini memiliki tujuan untuk memberdayakan anggota Sadifa Jepara dalam memanfaatkan limbah olahan produksi sirup herbal dimasa pandemic. Sadifa Jepara merupakan komunitas yang didalamnya beranggotakan masyarakat difabel yang ada di kota Jepara. Adapun ampas yang digunakan adalah ampas jahe dari produksi sirup jahe dan sirup jahe merah. Setelah pemberdayaan, dimaksudkan agar para anggota meningkatkan kemampuan dalam berkreasi dan mengubah limbah ampas jahe agar memiliki nilai jual. Sehingga setelah berada di lingkungan umum para anggota sudah memiliki kecakapan yang mumpuni. Konsep pemberdayaan ini adalah sosialisasi dalam memanfaatkan limbah, pelatihan pembuatan produk dari limbah ampas jahe, monitoring pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pemberdayaan ini adalah mengubah limbah ampas jahe menjadi kompos dan kue kering yang memiliki nilai jual.

Keywords


sadifa;limbah;ampas;jahe

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Widinarsih, Dini. 2019. “Persons with Disabilities in Indonesia: Development of Terms adnd Definitions”. Juornal of Social Welfare Science, Volume 20, No.2, 135-136. Maftuhin, Arif. 2016. “Binding the meaning of Discrimination: Person with Disabilities, Disabilities, dan Person with Disabilities”, Inclusion Journal: Journal’s of Disability Studies, Vol.3, No.2, 149.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i2.6044

Article Metrics

Abstract views : 284| PDF views : 183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

    

Flag Counter