Penerapan Teknologi Game Education sebagai Media Pembelajaraan pada Siswa Difabel


Abstract


Tujuan dari kegiatan program pengabdian kepada masyarakat yaitu penerapan teknologi tepat guna untuk mendukung pembelajaran interaktif pada anak tuna rungu. Selain itu dapat memberikan kemudahan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru yang berhubungan dengan bahasa dan komunikasi. Metode pelaksanaan melalui pendampingan ddengan memberikan pelatihan pengucapan bahasa isyarat dengan penerapan game education. Lokasi kegiatan dilaksanakan di SD Luar Biasa Cendono Kab.Kudus. Hasil dari kegiatan melatih anak tuna rungu untuk  tidak ketergantungan pada orang lain. Pengucapan huruf A-Z dan angka 0-10 dengan disertai peragaan telunjuk jari-jari tangan, dan  diperoleh anak-anak tuna rungu dapat mengucapkan meskipun agak tesengal-sengal karena memang faktor kecacatan lahir. Selain itu kegiatan ini  mewujudkan kesetaraan pendidikan pada semua anak, sesuai dengan Millenium Development Goal’s (MDGs).


Keywords


Teknologi;Anak Tuna Rungu;Komputer;MDGs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. de Bruin, “The impact of inclusive education reforms on students with disability: an international comparison,” Int. J. Incl. Educ., vol. 23, no. 7–8, pp. 811–826, Aug. 2019, doi: 10.1080/13603116.2019.1623327.

N. A. Zakaria, “The Effects of Inclusive Education on the Self-Concept Of Students with Special Educational Needs,” J. ICSAR, vol. 1, no. 1, pp. 25–31, Jan. 2017, doi: 10.17977/um005v1i12017p025.

M. Benedek, E. Jauk, M. Sommer, M. Arendasy, and A. C. Neubauer, “Intelligence, creativity, and cognitive control: The common and differential involvement of executive functions in intelligence and creativity,” Intelligence, vol. 46, pp. 73–83, 2014, doi: https://doi.org/10.1016/j.intell.2014.05.007.

R. Colomo-Palacios, F. Paniagua-Martín, Á. García-Crespo, and B. Ruiz-Mezcua, “Technology enhanced learning for people with intellectual disabilities and cerebral paralysis: The MAS platform,” Commun. Comput. Inf. Sci., vol. 73 CCIS, pp. 11–17, 2010, doi: 10.1007/978-3-642-13166-0_2.

F. Kawuryan,, and T. Raharjo. Pengaruh stimulasi visual untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia. J. Psikol. Pitutur 1, 9–20, 2012. D. M. Ummah, “Analisis kesulitan belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate,” J. Bimbing. dan Konseling Terap., vol. 2, no. 1, pp. 32–40, 2018, doi: 10.30598/jbkt.v2i1.233.

R. Fiati, “Analisa deteksi dini kesulitan belajar khusus pada anak berkebutuhan khusus dengan pemodelan certainty factor,” in Prosiding SNATIF ke-6, 2019, pp. 191–196, [Online]. Available: https://conference.umk.ac.id/index.php/snatif/article/view/148.

R.Fiati, Backward Chaining Model for Identifying Learning Difficulties Factors Experienced by Children with Disabilities, Scientific Journal of Informatics Vol. 9, No. 1, May 2022, p-ISSN 2407-7658, e-ISSN 2460-0040, http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji.

I. Maryani, N. N. Husna, M. N. Wangid, A.Mustadi, and R. Vahechart, “Learning difficulties of the 5th grade elementary school students in learning human and animal body organs,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 7, no. 1, pp. 96–105, 2018, doi: 10.15294/jpii.v7i1.11269.

A. Supena and L. K. Siregar, “Students’ learning disability of elementary school in tangerang: identification students learning disabilities, factors and teacher’s effort,” jipd, vol. 5, no. 2, pp. 81–86.

V. Y. Erviana, “Analysis towards factors of students’ learning difficulties at muhammadiyah elementary schools in sayegan sub-district,” in Proceedings of the 2nd International Conference on Learning Innovation, 2018, pp. 221–227, doi: 10.5220/0008410202210227.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v5i2.8317

Article Metrics

Abstract views : 92| PDF views : 56

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

    

Flag Counter