Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Terbarukan Bagi Guru-Guru SMAN 1 Singorojo Kendal
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk: (1) memberikan pengenalan kepada guru guru di SMA Negeri 1 Singorojo Kendal mengenai media pembelajaran terbarukan sebagai alternative media pembelajaran berbasis IT, dan (2) melatih guru-guru SMA Negeri 1 Singorojo Kendal untuk mampu memanfaatkan media pembelajaran terbarukan. Metode yang diterapkan dalam program pengabdian ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode praktik. Metode presentasi diterapkan dalam pengenalan pembuatan video pembelajaran, digital book berbasis flipbook maker, platform Kahoot, kemanfaataannya, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran terbarukan, metode demonstrasi mengenai pengoperasionalisasian program dan metode praktik dimana guru-guru mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran terbarukan sesuai mata pelajaran masing-masing dengan pemanfaatan media digital book berbasis flipbook maker dan pembuatan evaluasi menggunakan aplikasi kahoot. Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan PKM ini antara lain guru-guru di SMA Negeri 1 Singorojo Kendal dapat menyusun dan mengembangkan media pembelajaran terbarukan sebagai alternative media pembelajaran berbasis IT sesuai mata pelajaran yang diampu. Media pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat memenuhi syarat untuk memperoleh sertifikasi bagi guru.
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atsani, L. G. 2020. Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, http: //ejournal.kopertais4.or.id/ sasambo/ index.php/ alhikmah/ article/ view/ 3905.
Dewi, Kurnia, C. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI CAHYA KURNIA.pdf
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Gorghiu. 2011. The electronic book - a modern instrument used in teachers’ training process. Procedia Computer Science 3 (2011):563-567
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Harlina, Nor, Z. M., & Ahmad, A. 2017. Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21. Seminar Serantau, 627–635. Retrieved from https://seminarserantau2017.files.wordpress.com/2017/09/74-harlina-binti-ishak.pdf
Husnani, dkk. 2019. Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. ISBN. 978-602-52541-3-8 diakses melalui https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/48
Kemendikbud, P. W. 2020. Kemendikbud.go.id. Diambil kembali dari www.kemendikbud.go.id:https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaiankeputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemicovid19.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, Volume 8 N, 19-35.
Ramdania DR, Sutarno H & Waslaluddin. 2007. Penggunaan media flash flipbook dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasiuntukmeningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan 1(1):1-6.
Riyanto, Lukman & Subagyo. 2012. Pengembangan digital library local contentpekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI 1(1):1-13.
Shideqy D.A.& Lestari. 2010. Pemanfaatan Buku Elektronik untuk Pembelajarandi Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v4i2.8471
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik