PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENGATASI KECEMASAN DALAM PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEMESTER
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annisa, D. F., &Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia
(Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00
Banks, T. & Zionts, P. (2009). REBT used with children and adolescence who have emotive and behavioral disorder in educational setting: a review of literature. Journal of rational-emotive and cognitive-behavior, Spinger. Vol 27. Pp. 51-65
Corey, Gerald, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, (Bandung: Eresco,1995) hal.17.
Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Pikoterapi. TerjemahanE.Koswaa. Bandung: PT Refika Aditama.
Corey, G. (2015). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Toronto: Nelson Education.
Dwi Cahyani, R., Elmustian, & Burhanuddin, D. (2018). Kecemasan Tokoh Icih Prihatini Dalam Naskah Drama Monolog Wanci Karya Imas Sobariah: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 5–6.
Dewa Kentut Sukardi (2002). Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Dobson, K. S. (2013). The science of CBT: Toward a metacognitive model of change? Behavior therapy, 44(2), 224-227.
Dryden, W. (Ed.). (2003). Rational emotive behaviour therapy: theoretical developments. Psychology Press.
Ellis, A. & Greiger. R. (1977) Handbook of rational-emotve therapy. New York: Spinger
Ellis, A. (1991). The revised ABC’s of rational-emotive therapy (RET) Journal of rational-emotive and cognitive-behavior therapy. Vol. 9:3.
Fitriani, Eva. 2013. Upaya Mengatasi kecemasan Dalam menghadapi UlaganDengan Pendekatan Konseling rationalemotive Therapy Di SMK PGRI 1mejobo Kudus, Skripsi. Universitas Muria Kudus.
Fitri Anisa, Dona & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Jurnal Konselor, pp 93-99.
Froggatt, W. (2005). A brief introduction to rational emotive behavior therapy, 3rded. New Zealand.
Gantina Komalasari. 2013. Teori dan Teknik konseling, hal.213
Ghufron, M. Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Rus Media
Gunamawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Hendaro, Emy Susanti. 2011. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: FKUI.
Hayat, Abdul. (2017). Kecemasan Dan Metode Pengendaliannya. Jurnal Khazanah, 12, 52-62.
Haaga, D. A & Davinson, G. C. (1993). An appraisal of rational-emotive therapy. Journal of counsulting and clinical psychology. Vl 61:2 pp. 215-220.
Haaga, D. A. & Davinson, G. C. (1989). Inside ratinal-emotive therapy. Academic Press.
IRMA, E. L. I. (2016). Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi UntukMelinda. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Theraphy (Rebt) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Smp Negeri 19 Bandar Lampung. Meminimalkan Perilaku Pacaran Siswa Sma Kelas Xi Hang Tuah Belawan TahunPembelajaranIn Repository. Umsu.Ac.Id.2015 http://repository.umsu.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2324/ Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Untuk Meminimalkan PerilakuPacaran Siswa Sma Kelas Xi Hang Tuah Belawan Tahun Pembelajaran20152016.pdf?sequence=1
Komalasari, Gantina. Wahyuni, Eka. dan Karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Kumbara, Yogi & Zulpikar. (2018). Analisi Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol.17
Latipu. (2010). Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Lubis, Namora Lumongso. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.
Melinda. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Theraphy (Rebt) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Smp Negeri 19 Bandar Lampung.
Meleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukholil. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8: 1-8.
Peplu. Mengatasi Rasa Cemas Dan Stress. Terjemahan oleh Tghursan Hakim. 1991. Jakarta: Bina Rupa
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling, Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Purnama, Lilis Ratna. (2012). Teknik-Teknik Konseling. Universitas Negeri Semarang
Rahayu, IT., Ardani, T.A. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang: Bayu media Publishing.
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non tes. Kudus : Nora Media Enterprise.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. (2012). Pemahaman Individu Teknik Non Tes Edisi Revisi. Kudus: Nora Media Enterprise.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. Pemahaman Individu Teknik Non Test. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 2015. (174)
Rokhayani, Esti. (2012). Efektifitas Konseling Rational Emotive Dengan Teknik Relaksasi Untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal. Surabaya: Unesa
Sudjana, 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitia Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudrajat, Akhmad. (2008). Konseling Rational Emotif (RET). Tersedia Dalam Konseling Rasioanl Emotif (RET)-Tentang Pendidikan. Htm (online) dinduh pada 13 Febuari 2020.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Gramedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Gramedia.
Sukardi, Dewa Ketut. (2002). Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Surya, Mohamad. (2003). Teori-Teori Konseling. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.
Willis, Sofyan S. (2010). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV Alfabeta
Winkel, WS. (2008). Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Jakarta. Gramedia
Zamrodah, Y. (2016). Pengaruh latar belakang pendidikan memotivasi terhadap Kompetensi profesional guru. 15(2), 1-23.
Zaenal Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, (80)DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v2i2.10882
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Visitor:
Lisensi
Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.