PENERAPAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BAHAVIOUR THERAPY DALAM MENGATASI SISWA YANG KECANDUAN MINUMAN BERALKOHOL

Roseli Septyanada Ferdiyani, Gudnanto Gudnanto, Arista Kiswantoro

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi dampak negatif kecanduan minuman beralkohol pada siswa, seperti mengantuk di kelas, mata merah, ketidakfokusan dalam pembelajaran, perubahan suasana hati, dan penurunan prestasi akademik, dengan memberikan layanan konseling individual menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan siswa yang mengalami kecanduan alkohol sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan kuesioner, yang berfokus pada perubahan perilaku siswa sebelum dan setelah layanan konseling. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil sebelum dan sesudah intervensi menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling berbasis REBT efektif dalam membantu siswa mengurangi dampak negatif kecanduan alkohol, termasuk mengurangi gejala mengantuk di kelas, mata merah, dan penurunan prestasi akademik, serta meningkatkan konsentrasi belajar.

Kata Kunci


REBT; Minuman Alkohol; Kecanduan; Siswa; Therapy Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adinda, S. (2017).Delinquency Inpelayanan Sosial Marsudi Putra (PSMP)Tengku Yuk Kota Pekanbaru. Jom FISIP Volume, 4(1), Hal. 1-15.

Andika Guruh P.(2016). Perilaku Agresif Pada Pecandu Alkohol.Skripsi

Arifin, Burhan. (2007). Narkoba dan Permasalahannya. Semarang: PT. Be ngawan Ilmu.

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin.(2017). Bahaya Narkoba Minuman keras Cara Islam Mencegah, Mengatasi, dan Melawan. Majalengka: Nuansa.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyanti. (2015). Narkoba dan Permasalahannya. Semarang: PT. Bengawan Ilmu

Ayudhitya dan Inggriani.(2012). Anda Dokter Keluarga Anda. Depok: Penebar Plus.

Corey, G. (1988).Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi.Bandung: PT. Eresco.

Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.(2010).Profil Kesehatan wilayah Semarang. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dwi Hariyanti, D. E. S. I. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii G Smp Yayasan Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal Bk Unesa, 4(1).

Ellis, A., & MacLaren, C. (2003). Rational Emotive Behavior Therapy A Therapist’s Guide. Published by Impact Publisher.

Endraswara, Suwardi. (2012). Filsafat Sastra: Hakikat, Metodologi dan Teori. Yogyakarta: Layar Kata.

Erlina, S., & Sari, D.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03(2), 303-316.

Febby,Z.(2013).DampakPenyalahgunaanAlkohol.http://edukasi.kompasiana.com/2 013/01/27/dampakpenyalahgunaan-alkohol523331.html, diakses pada tanggal 13 Maret 2024 pada pukul 09.26 WIB.

Ginting, E.D. (2023).Hukum Mengonsumsi Bir 0% Alkohol Perspektif Hukum Islam. Al-Usrah : Jurnal Al-ahwal As-Syakhsiyah,11(1), Hal.43-58.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Hardani, E. (1999). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Peminum dengan Perilaku Minum Minuman Keras Pada Remaja peminum. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hawari, D. 2011. Petunjuk Praktis Terapi (Detoksifikasi) Miras dan Narkoba (Naza) tanpa Anestesi dan Subtitusi dan HIV/AID. Jakarta: Penerbit Fakultas Kedokteran UI.

Ikbal, M., & Nurjannah. (2016). Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jati Agung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), Hal. 33-46.

Kasiram. Moh.(2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang : UIN Malang Press.

Kohar, M.A., & Mujahid, I. (2017). Bimbingan Dan Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Penerima Manfaat. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), Hal. 121-122.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih.(2011).Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : Indeks.

Komang Hendri Setiariawan, I Wayan Tirka & Nyoman Dantes.(2018). Konseling Rational Emotif Behavior Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Self Achievement. Jurnal Ilmiah dan Konseling Undiksha,Vol 9, No.1. DOI : http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11766

Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Lestari, D.E., Masturi., & Lestari, I. (2020). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Assertif Trainning Untuk Mengatasi Self-Esteem Rendah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), Hal. 19-28.

Maula, L.K., & Yuniastut. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penyalahgunaan dan Adiksi Alkohol pada Remaja di Kabupaten Pati. Public Health Perspective Journal, 2(2), Hal. 168 – 174.

Mulyadi. 2014. Darurat Miras Oplosan. Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial. VI(24), Hal. 9-12.

Mustaffa, N. (2020). Mengatasi Kebimbangan Semasa Pandemik Covid-19 Dengan Pendekatan Teori Rational Emotive Behaviour Theraphy (REBT). Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(11), Hal. 10-16.

Nadila, E.Y., Taufik., & Syarif, S. Analisis Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy Dalam Pendidikan. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi,2(1), Hal. 99-110.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i1.13187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Didedikasikan untuk: