EFEKTIVITAS PROGRAM PENGHARGAAN DISIPLIN POSITIF BAGI SISWA TUNARUNGU: PERSPEKTIF KUALITATIF
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program disiplin positif di SLB Negeri Cicendo, dengan fokus pada bagaimana penghargaan diberikan dan bagaimana siswa tuna rungu menanggapinya. Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasinya tentang bagaimana pengakuan publik, baik melalui pengakuan langsung di sekolah maupun unggahan media sosial, memengaruhi motivasi dan kepercayaan diri siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dokumen dan analisis visual, temuan penelitian mengungkapkan bahwa disiplin positif mendorong siswa untuk mempertahankan perilaku yang baik, menumbuhkan hubungan emosional, dan memperkuat hubungan guru-siswa. Namun, tantangan tetap ada dalam memastikan bahwa penghargaan didistribusikan secara adil dan mengevaluasi efektivitas program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun program tersebut meningkatkan motivasi dan kesejahteraan emosional siswa, perbaikan diperlukan untuk membuat sistem penghargaan lebih inklusif dan diterapkan secara konsisten.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adesina, S. (1980). Some aspects of school management. Educational Industries Nigeria.
Adji, T. P. (2024). Desain Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, 27.
Adler, A. (2013). Understanding human nature (Psychology revivals). Routledge.
Asfar, I. T., & Taufan, I. (2019). Analisis naratif, analisis konten, dan analisis semiotik (Penelitian kualitatif). No. January, 1–13.
Bej, M. (2016). Social Skills and Programs of Positive Discipline in School Environment –A Literature Review. Mediterranean Journal Os Social Sciences, 2.
Burden, P. R. (2020). Classroom management: Creating a successful K-12 learning community. John Wiley & Sons.
Chadsey, T., & McVittie, J. (2006). The positive discipline school. The Positive Discipline.
Charles, C. M., Senter, G. W., & Barr, K. B. (1992). Building classroom discipline. Longman White Plains, NY.
Durrant, J. E. (2016). Positive discipline in everyday parenting. Save the Children Sweden Stockholm.
Dyta, S. (2018). Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 0-7.
Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.
Hidayat, N., & Darwati, S. (2016). Disiplin Positif; Membentuk Karakter Tanpa Hukuman.
Kuanine, M. H., & Afi, K. E. Y. M. (2023). Upaya Guru Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Melalui Manajemen Budaya Sekolah Yang Positif. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 1–14.
Maharani, T., Rochani, R., & Dalimunthe, R. Z. (2021). Efektivitas Teknik Kontrak Perilaku Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 170–194.
Majid, A. (2017). Analisis data penelitian kualitatif. Penerbit Aksara Timur.
Milaini, L. R., Hasibuan, W. F., Novita, E., Tan, T., & Noer, R. M. (2023). Catatan Penggerak Merdeka Belajar. Stiletto Book.
Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, H. S. (2007). Positive discipline AZ: 1001 solutions to everyday parenting problems. Harmony.
Nelsen, J. W. (1979). The effectiveness of Adlerian parent and teacher study groups in changing child maladaptive behavior in a positive direction. University of San Francisco.
Rukajat, A. (2018). Manajemen pembelajaran. Deepublish.
Slađana, Z., & Dušica, S. (2021). Applying Positive Discipline In School And Adolescents’self-Esteem. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 9(1), 1–11.
Souisa, J. H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, S., Utami, S., & Alhuda, B. (2022). Disiplin positif untuk Merdeka Belajar: strategi penerapan pada jenjang SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Uslu, F., & Gizir, S. (2017). School belonging of adolescents: The role of teacher-student relationships, peer relationships and family involvement. Educational Sciences-Theory & Practice, 17(1).
Wardani, K. (2010). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI, 8–10.
Wibawa, R. P. (2010). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (Kkpi) Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran Smk Kanisius Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.
DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v4i1.14681
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Visitor:
Lisensi
Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Didedikasikan untuk: