STUDI LITERATUR: MENGKAJI KONTRIBUSI KONSELING KELOMPOK TERHADAP MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Muhammad Bagas Putra Pratama, Yesi Amelinda, Nova Tri Wulan Wahyu Ningsih, Ajeng Chandra Prameswari, Ratna Sari Dewi, Minarsi Minarsi

Sari


Emotional intelligence plays an important role in individual development, especially for students who face various challenges in social and academic environments. The ability to recognize, control, and express emotions well greatly affects their mental health and social relationships. One effective strategy in improving students' emotional intelligence and self-control is group counseling. This study aims to explore the effectiveness of various group counseling techniques in improving students' emotional intelligence and self-control. Using a qualitative method with a literature study approach, this research analyzed various techniques such as REBT, Symbolic Modeling, Role Playing, WDEP, Ability Potential Response (APR), Psychodrama, and Sociodrama. The results showed that group counseling made a significant contribution in helping students recognize, manage, and express emotions better. Direct experience-based techniques and cognitive reflection proved to be more effective than conventional methods. Therefore, counselors are advised to apply techniques that suit students' needs to support their emotional and social development.


Kata Kunci


emotional intelligence1; self-control2; group counseling3; counseling techniques4; student development5

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda, C. H., Aziz, A. M., Septiani, D., & Harahap, A. M. (2022). Pendekatan Rebt (Rasional Emotive Behavior Theraphy) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1).

Apriana, A., Nurlela., & Putri, R. D. (2024). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Ability Potential Response untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP Negeri 20 Palembang. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 7618-7632.

Cahyani, A. I., Wibowo, M. E., & Sunawan. (2020). Konseling Kelompok Realitas untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kebahagiaan. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 71-78.

Hadi, S. (2020). Konseling Kelompok REBT dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(2), 155-165.

Harahap, M. R. (2025). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Studi Kasus di SMP Zakiyun Najah Serdang Bedagai. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 3(1), 38-46.

Hayati, S. (2015). Aspek Emosi Dalam Kehidupan. Jurnal Ilmiah Dakwah dan Konseling Islam, 6(1), 142-154.

Illahi, U., S, N., Said A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(2), 68-74.

Indrayani, S., Suarni, N. K., & Dantes, N. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Berbasis TPACK dalam Meningkan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal EDUCATIO, 9(1), 57-62.

Jawandi, A., Sholikhah, L. D., & Sulistiyono, E. (2024). Konseling Kelompok Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kestabilan Emosi Peserta Didik SMAN 1 Tangen Sragen. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 183-186.

Kirana, D. (2024). Emosi Manusia, Fungsi dan Cara Kerjanya. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 199-204.

Nalle, A. P., & Apriliana, I. P. A. (2025). Konseling Kelompok Teknik Symbolic Modelling untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kejuruan; Efektifkah? Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1), 1-9.

Nisa, W., & Muhid, A. (2022). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional: Literature Review. SHINE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-13.

Pratama, Y. S., Wibowo, M. E., & Awalya. (2019). Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama dan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 79-85.

Pratiwi, U., Karneli, Y., & Netrawati. (2024). Pemahaman Mendasar tentang Konseling Kelompok bagi Praktisi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 60-66.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6), 7911-7915.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Sakinah, A. (2018). Konseling Kelompok Emotional Intelligence pada Tipe Kepribadian Introvert. Al-Tazkiah, 7(1), 1-24.

Sofah, R., & Azzahra, T. S. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Terhadap Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Srijaya Negara Palembang. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam & Kemasyarakatan, 7(1), 105-109. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ghaidan.v7i1 .17834

Soleha, S., Hartini., & Rizal, S. (2023). Peran Media Dan Teknologi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling di Sma Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 17-29.

Sultan, A. D., Fitriani, A., & Wulandari, R. (2023). Model Layanan Konseling Kelompok Islami dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 532-545.

Taharani, A. F., Wibowo, M. E., & Mulawarman. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok CBT dengan Pemecahan Masalah dan Permainan Peran Teknik Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 34-39.

Wahyuni, S., & Halida, Y. (2023).Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik WDEP dalam Meningkatkan Self-Control Siswa di MTs Negeri 2 Pontianak. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 355-366.

Wati, R. W., Jamain, R. R., & Setiawan, M. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Ability Potential Response Pada Siswa Kelas Vii di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 8-15.

Yandri, H., Rahayu, G., S, N., & Netrawati. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59-69.




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v4i1.14778

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensiĀ  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Didedikasikan untuk: