KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SAAT DARING KELAS XI MA ABADIYAH GABUS

Duwi Oktofya
Arista Kiswantoro
Sumarwiyah Sumarwiyah

Abstract


Behavior counseling is creating a new, better condition through the learning process so that negative behavior can be eliminated and changing adaptive behavior by strengthening expected behavior and eliminating unexpected behavior and trying to find new ways of behaving. The subjects students of MA Abadiyah Gabus year 2021/2022. Data collection methods used are interviews, observation, and in-depth documentation so that later accurate data will be obtained on the problems studied, namely the problem of improving students in doing school online assignments.Based on the results of the study, it can be concluded that the factors that cause undisciplined in doing online learning assignments are two factors, internal and external.After counseling with SDI and AMR shaping techniques were able to eliminate unfavorable behaviors such as being able to control oneself for the spirit of learning and reduce playing games and open applications that are not so important. 

Keywords


Behavior Counseling1;Shaping Techniques2;Student Discipline

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus santoso, Konseling Spiritual (Surabaya: 2004), hlm. 92 Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50 Angga Eka Yuda Wibawa, Anwar Sutoyo, Sugiyo yang berjudul Pengembangan Model Konseling Kelompok Behavior dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kabupaten Lamongan” Jurnal Bimbingan Konseling 2015. Antonius, 2002. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Gramedia Chairul Anwar, Strategi Pembelajan Pada Nilai. (Tadris Jurnal Pendidikan Islam) e-ISSN 0853-6791 (Diakses pada 07- September-2018) Chapin. J.P. 2002.Kampus Lengkap Psikologi.Terjemahan oleh Kartini Kartono. Jakarta:Raja Grafindo. Corey, Gerald.2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan Oleh E. Koeswara. Bandung: PT. Refika Aditama. Dede Rahmat Hidayat, Psikologi Kepribadian Dalam Konseling (Bogor: Ghalia Indonesia 2011), Hal. 129 Fitriani Lestari yang berjudul Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik kelas XI di SMA NEGERI 02 Kota Metro. (Program Strata 1 Ilmu Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Lampung, 2020) Gantina Komalasari, Teori dan Teknik Konseling (Jakarta: PT. Indeks, 2011), hlm. 156 Gantina komalasari, Teori dan Teknik Konseling (Jakatra barat: PT Indeks, 2011), hal. 169. Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, (Bandung: Refika Aditama, 2009), hlm. 196 Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Gunung Agung,1990) h.128 Hadi, S. 2002. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset. Haksasi, Banun Sri. 2008. Instrumentasi Bimbingan & Konseling Non Tes. Hartono,boy sudarmadji, Psikologi Konseling edisi Revisi”hlm 123-125 Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586. Komalasari, Dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks Komalasari, gantina, wahyuni eka dan karsih.2011.Teori dan Teknik kesling, jakarta:PT .Indeks Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press Lubis, Lumongga Namora. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Martin G. dan Joseph Pear. 2015. Modifikasi Perilaku Makna dan Penerapannya, Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification: Principles and Procedures (5th ed.). Wadsworth Cengage Learning. Namora lumongga Lubis, memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik, (Jakarta: Kencana prenada media group,2011), hlm. 172 Namora lumongga Lubis, memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik, (Jakarta: Kencana prenada media group,2011), hlm. 172 Namora lumongga Lubis, memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik, (Jakarta: Kencana prenada media group,2011), hlm. 172 Nurul Istikomah yang berjudul Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 05 Wonosegoro. ( Program Strata 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2016. Pihasniwati. 2008. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Teras. Prof. DR. Kuntjoro Purbopranoto, 1976, Hak-Hak Azasi Manusia dan Pancasila, Pradnya Paramita, Jakarta, hlm. 147 Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise. Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17. Rosjidan. 1994. Konseling Behavioral. Malang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang. Salatiga: Widyasari Press Singgih D Gunarso, Psikologi untuk Membimbing, (PT. Gunung Mulia: Jakarta, 2000), hlm. 58 Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta Sumber Data: Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Surya, Mohammad. 2003. Teori Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy Thoha, Miftah. 2009. Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tim Penyusunan kamus Pusat dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1989) h.208




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v1i2.8605

Article Metrics

Abstract views : 374| PDF views : 960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Muria Research Guidance and Counseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

 

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.