MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DARING MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA SMA 1 BAE

Rizal Mubaroq
Masturi Masturi
Santoso Santoso

Abstract


The objectives of this study are: 1) To determine the factors that cause students to experience online learning boredom. 2) To overcome students' online learning boredom by applying a behavioristic approach with self-management techniques for SMA 1 Bae students. The type of research used in this study is a qualitative research designed in the form of a case study. The subjects studied were TG and DS. The data collection techniques used were 1) interview, 2) observation, 3) documentation. The researcher used purposive sampling as a sample for the research subject of two students who had online learning boredom problems. Based on these results, it can be concluded that behavioristic counseling services with self-management techniques in overcoming the problem of online learning boredom are said to be very effective. In this case the researcher hopes that students can maintain the changed behavior.


Keywords


Behavioristic Approach1; Self Management2; Online Learning Saturation3

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arfianto, Adi Yulian. 2017. Penerapan Konseling Behavior Melalui Teknik Positif Reinforcement Untuk Mengatasi Rendahnya Kreativitas Siswa XI TKJ 2 SMK Negeri 02 Kudus. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Azwar, Saifuddin, 2012. Motede Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Baroroh, Ulin Noor. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Self Management untuk Menumbuhkan Karakter Budaya Lokal GUSJIGANG pada Siswa Kelas X Mipa 8 SMA Negeri 1 Kudus. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus. Basyar, Ibnul, (2012) Tersedia dalam http:/ibnulbasyar.wordpress.com/2012/06/02/mengatasi-kejenuhan-belajar-siswa/ (Online) (Diakses 18 Februari 2021) Corey, Gerald. 2003. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama Deni, Sri, (2012) Tersedia http://srirahmadeni.blogspot.com/2012/01/faktor-penyebab-dan-cara-mengatasi.html (Online) (Diakses 20 Februari 2021) Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Handarini, Oktafia Ika & Siti Sri Wulandari, 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Tersedia dalam https://journal.unesa.ac.id/index.php/ipap (Online) (Diakses 18 Februari 2021) Jawwad, Ahmad Abdul. 2007. Management Diri. Bandung: Savei Generation. Kamayanthy, Devi Yulia. 2020. Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII DPIB di SMKN 1 Majalengka. Bandung: Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/49443/1/COVER.pdf (Online) (Diakses 18 Februari 2021). Komalasari, Gartina. Wahyuni, Eka. dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks. Komalasari, Gartina. Wahyuni, Eka. dan Karsih. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks. Komalasari, Wahyuni & Karsih. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks Kulsum, Lina Umi. 2017. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Siswa Yang Terisolir Kelas X AK Di SMK PGRI Mejobo Kudus. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus Maharani, Conili & Pawicara. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid19. Jember: Institut Agama Islam Negeri Jember. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1, No, Januari-Juni 2020. Makalah Motivasi Belajar dan Kejenuhan, (2013) Tersedia dalam http://kumpulanmakalah-kedokteran-psikologi.blogspot.com/2013/11/makalah-motivasi-belajar-dan-kejenuhan-html (Online) (Diakses 20 Februari 2021) Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nursalim, Mohammad, dkk. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press Prayitno, 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Teknik-teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Qomariyah, Nur. 2014. Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Relaksasi Berbasis Film Edukasi. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus. Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise Rohman, Moh Agus. 2018. Kejenuhan Belajar Pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. Surabaya: UIN Senan Ampel. Robiatul Adawiyah, R. A. (2013). Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial, dan Kecenderungan Burnout. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99-107. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.97 Syah, M.2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ulin. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Self Management Untuk Menumbuhkan Karakter Budaya Lokal Gusjigang Pada Siswa Kelas X MIPA 8 SMA Negeri 1 Kudus. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus Vitasari, Ita. 2016. Kejenuhan Belajar Ditinjau dari Kesepian dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/78032537.pdf (Online) (Diakses 6 September 2021). Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v1i2.8652

Article Metrics

Abstract views : 257| PDF views : 269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Muria Research Guidance and Counseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

 

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.