PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI POSITIF PADA MAHASISWA UMK

Pulung Juliyanto
Santoso Santoso
Nur Mahardika

Abstract


This study aims to: 1) Knowing the factors of Positive Communication in UMK students. 2) Describe the application of Behavioristic Counseling with Self Control Techniques to improve Positive Communication for UMK Students. The subjects studied were UMK students in semester VIII. Methods of data collection using the method of observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, it can be said that there are three factors that cause deviant behavior in positive communication between MIS and AS, namely socio-economic, socio-cultural and self-image. After providing counseling with a behavioristic approach with self-control techniques, the MIS research subject can overcome controlling himself in the boarding house, then the counselee will be able to apply self-control in his daily life independently without the help of a directing counselor. AS research subjects are able to control themselves not to follow their friends' quotes as a form of behavior Self-control about behavior management and counseling techniques are very appropriate to overcome deviant behavior in positive communication.


Keywords


Behavioristic Counseling Self Control Techniques Improving Positive Communication

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin Cahyaningrum. 2013. Faktor-faktor Yang Menyebabkan RemajaBerperilaku Pacaran Yang Tidak Sehat Di SMK YP-17 Madiun. http://eprints.umpo.ac.id/2159/1/jkptumpo-gdl-agustincah-479-1abstrak,-m.pdf (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.07 WIB) Ani Agustiyani Maslahah. 2013. Pentingnya Kecerdasan Spiritual Dalam Menangani Perilaku Menyimpang. http://journal.stainkudus.ac.id (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.09 WIB) Arikunto Suharsini. 2010. Edisi Revisi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Bugin, Burhan H.M, 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Pernama Media Group. Corey, Gerald. 2009. Teori dan praktek Konseling dan psikoterapi. Bandung: Refika Aditama Dedikbud. 2007. Studi Kasus. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Umum. Djumhur, Moh. Surya. 2012. Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah. Bandung:Cv. Ilmu Dika anandika, dkk. 2013. Mengurangi Kebiasaan Merokok Menggunakan Pendekatan Konseling Behavioral Strategi Self-Control Pada Siswa SMA NEGERI 1 Natar Tahun Ajaran 2012/2013.Notoatmodjo & Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. http://jurnal.fkip.unila.ac.id (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.28 WIB) Diyah. 2013. Perilaku Seksual Dan Faktor Determinannya di SMA Se-Kota Semarang. http://lib.unnes.ac.id/19304/ (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.30 WIB) Donna qiem. 2015. Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Berpacaran Pada Remaja Di Perumahan Sumatera Selatan Kabupaten OKI. http://digilib.binadarma.ac.id/files/disk1/134/123-123-donaqiem09-6655-1-jurnald-a.pdf (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 10.15 WIB) Ghea Gendys Renjana Putri & Drs. H. Sutijono, MM. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Seks Bebas. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalbkunesa/article/view/1936 (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 10.17 WIB) Ghufron, M., Nur., dan Rini Risnawita S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:Ar-ruzz Media Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hadi, Sutrisno. 1993. Metodelogi research jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset. Kasmawati. 2014. Seks Bebas Dikalangan Mahasiswa Kost Kelurahan Tanjung Ayun Sakti. Jurnal.umrah.ac.id (Diakses 9 April 2017 pukul 17.53) Komalasari G., dkk. 2011. Terori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT Indeks. Latipun. 2001. Psikologi Konseling (Edisi Ketiga). Malang: Uneversitas Muhamaddiyah Malang. Lilies Marlynda. 2015. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Berpacaran Bagi Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/16591/2/11220040_bab-i_iv-atau _daftarpustaka.pdf (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.03 WIB) Lutfiana Fitri. 2011. Pengaruh Interaksi Pembina Dengan Santri Terhadap Kontrol Diri Santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. M. Nur & Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta : Ar-Ruzz Mulyati. 2012. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Gaya Pacaran Pada Siswa SMU X Dan MAN Y Kabupaten Sidrap Propinsi Sulawesi Selatan Tahun 2012. http://lib.ui.ac.id (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.05 WIB) Muhamad Daud. 2016. Perilaku Pacaran Dikalangan Pelajar Smp Negeri 1 Belat Di Desa Penarah Kecamatan Belat Kabupaten Karimun. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1 ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2016/08/JURNAL MUHAMADDAUD. pdf (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 10.59 WIB) Rahardjo Susilo, Gudnanto. 2012. Pemahaman individu : teknik non tes Ed.Rev. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus Rony Setiawan dan Siti Nurhidayah. 2008. Pengaruh Pacaran Terhadap Perilaku Seks Pranikah. http://www.ehournal.unisma.net (Di akses 25 Januari 2017 Pukul 11.00 WIB) Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. Suryabrata Sumadi. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Walgito, G. 2008. Bimbingan dan Studi Karir. Jogjakarta: Cv Andi Offet. Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individu Teori &Praktik. Bandung: Alfabeta. Winkel, WS dan Sri Hartati. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v1i2.8756

Article Metrics

Abstract views : 234| PDF views : 713

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Muria Research Guidance and Counseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

 

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.