Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika

Masrukah Masrukah
Mahfud Nahrowi
Moh. Badiul Anis

Abstract


Pemahaman siswa akan materi keliling dan luas bangun datar terutama pada penyelesian soal cerita mengalami kesulitan. Pemilihan media merupakan kata kunci bagi guru dalam memaparkan materi dan mencapai hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini, Pertama, mengetahui validitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar Kedua, mengetahui keefektifan media ular tangga bermotif bangun datar terhadap keaktifan belajar siswa. Ketiga, mengetahui keefektifan media permainan ular tangga bermotif bangun datar terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mix Method dengan jenis penelitian concurent embedded (campuran tidak berimbang). Desain penelitian ini menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan  angket, observasi, dokumentasi dan tes. Data-data yang diperoleh dari berbagai metode tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga valid untuk dijadikan media pembelajaran matematika. Hasil analisis keaktifan siswa, menunjukkann bahwa rata-rata keaktifan kelas ekperimen 88,7 lebih baik dari kelas kontrol yang hanya memiliki nilai 78,96, dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan penggunaan media permainan ular tangga bermotif bangun datar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, penerapan media permainan ular tangga bermotif gambar bangun datar efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

10-17

Referensi


A. Hamdalah. (2013). Efektivitas Media Cerita Bergambar dan Ular Tangga dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 2 Patrang Kabupaten Jember. Jurnal Promkes, 2, 118–123.

Baiduri, R. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Perkuliahan Antropologi Pendidikan. ANTHROPOS: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 2(2), 166–174.

Dyah kartikaningtyas, Dwi Yulianti, S. D. P. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAME ULAR TANGGA BERVISI SETS TEMA ENERGI PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN AKTIVITAS SISWA SMP/MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4284

Golchai, B., Nazari, N., Hassani, F., Nasiri, E., Ghasem, R., & Jafari, Z. (2012). Snakes and Ladders : A New Method for Increasing of Medical Students Snakes and ladders : a new method for increasing of medical students excitement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(September 2015), 2089–2092. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.954

Kemendiknas. Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional RI Nomor 23, Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP. 2006, 3-5.

Lailatul Mahmuda, “Pengembangan Permainan Outdoor Periodic Table Carpet Sebagai Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur”, Skripsi, FMIPA Unes.2008, 26.

NCTM, Principles and Standards for School Mathematics, Reston: Library of Congress Cataloguing, 2000,144.

Nurhasanah, Farida; Kusumah, Yaya S. ; Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle : Examples of Mathematical, 1(1), 53–70.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81.

R. R Skemp, The psycholology of learning mathematic, Baltimore MD:Richard Clay (The Causer Press) Ltd., 1971, 132.

Sadiman, Arif,Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Press,2011,45.

Sardiman, A.S, Media Pendidikan dan Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada., 2011,23.

Septiana Wijayanti, 1, & Sungkono, J. (2017). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 158 International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 158, 158(Ictte), 596–602.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). 2016. Bandung: CV. Alfabeta

Syafi’i. (2014). DENGAN METODE BERMAIN ULARTANGGA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of English Language Teaching, 2(2), 16–24.

Winingsih, Lucia, dkk, “Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing Pendidikan”, Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia PDII LIPI.

Zainal, Aqib, Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: CV. Yrama Widya,2014, 56.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526

Article Metrics

Abstract views : 1325| 10-17 views : 602

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter