Peningkatan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Gerak Melalui Metode Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII

Endang Suhartatik

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar IPA materi Sistem gerak pada manusia melalui pembelajaran dengan metode Discovery Learning pada siswa kelas VIII F semester I SMP N 5 Ungaran tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan subjek  sebanyak 32 siswa kelas VIII F SMPN 5 Ungaran, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Dengan jumlah siswa laki-laki 14, dan siswa perempuan 18 anak.     Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan tindakan sebanyak dua kali dalam dua siklus teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan test. Alat pengumpuklan data berupa dokumen daftar nilai, lembar observasi dan butir soal. Validasi menggunakan triangulasi sumber atau kolaborasi dan kisi-kisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian setelah dilakukan dua kali tindakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari kondisi awal sebelum dilaksanakan penelitian sebesar 62,4 meningkat pada siklus I nilai rata-rata ulangan harian menjadi 66,9 dan hasil ulangan harian pada siklus II nilai rata-rata menjadi 72,8.

Teks Lengkap:

18-21

Referensi


Aunurrahman. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta cu

Nurdin, Syaruddin.2019. Kurikulum dari Pembelajaran. Depok. PT RajaGratindo.

Rusman.2016. model-model pembelajaran. Jakarta. PT RajaGratindo Persada

Sumantri, Mohamad Syarif.2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Gratindo Persada




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4527

Article Metrics

Abstract views : 369| 18-21 views : 296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter